Biro Organisasi

SOSIALISASI DAN INTERNALISASI BUDAYA PEMERINTAHAN SATRIYA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

YOGYAKARTA (19/05/2016) – Pemerintah Daerah DIY melalui Biro Organisasi Setda DIY melaksanakan sosialisasi dan internalisasi budaya pemerintahan DIY yang dikenal dengan akronim “SATRIYA”. Bagi Pemda DIY “SATRIYA” mengandung makna Selaras, Akal budi luhur, Teladan, Rela melayani, Inovatif, Yakin dan percaya diri dan Ahli profesional sebagaimana filosofi Hamemayu Hayuning Bawana.

Budaya pemerintahan SATRIYA telah diatur dengan Peraturan Gubernur DIY nomor 72 tahun 2008 tentang Budaya Pemerintahan di DIY.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara maraton di semua Kabuputen/ Kota  se-DIY. Tujuan perhelatan ini  untuk menginternalisasikan nilai yang terkandung budaya pemerintahan SATRIYA menjadi pedoman dan acuan dalam pola pikir, sikap dan baik dalam tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari perilaku bagi aparatur di lingkungan Pemerintah Daerah DIY maupun di Kabupaten/Kota.

Bertindak sebagai narasumber  Kepala Biro Organisasi Setda DIY Drs YB Jarot Budi Harjo menyampaikan materi ”Kebijakan pengembangan budaya pemerintahan di DIY”, wakil Ketua DPRD DIY Arif Noor Hartanto SIP menyampaikan materi ”Membangun kinerja birokrasi dengan budaya pemerintahan SATRIYA” dan dosen Universitas Gajah Mada Dra Ambar Teguh Sulistiani Msi menyampaikan materi “Implementasi watak nilai-nilai budaya pemerintahan SATRIYA dalam sikap dan perilaku aparatur di DIY”.

Jadwal pelaksanaan sosialisasi: Kota Yogyakarta Rabu(20/04), Kabupaten Sleman(21,25/04), Kabupaten Kulon Progo(27,28/04), Kabupaten Bantul(11,12/05) dan terakhir sedang berlangsung di Kabupaten Gunungkidul(18,19/05)

Kepala Biro Organisasi Setda DIY Drs YB Jarot Budi Harjo menekankan internalisasi budaya  pemerintahan dapat secara nyata mewujudkan aparatur pemerintah yang profesional dengan karakter adaptif, berintegritas, berkinerja tinggi, bersih dan bebas KKN, mampu melayani publik, sejahtera, berdedikasi serta memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara.(wbs/mtn)