Artikel Berita Biro Organisasi Pemda DIY Pemerintah Daerah Seputar Yogyakarta

Penyederhanaan Birokrasi Pemerintah Daerah DIY dan Kabupaten/Kota

YOGAYAKARTA (27/05/2021), Bertempat di Ruang Rapat Sekretariat Daerah DIY, Pemerintah Daerah DIY melaksanakan Penyederhanaan Birokrasi di lingkungan Pemda DIY. Acara dibuka dan telah mendapatkan pengarahan oleh Plt. Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah DIY Drs. Jarot Budi Harjo. Turut hadir pula Kepala Bagian Organisasi Kabupaten Kota se-DIY.

Pemerintah Daerah DIY  melakukan identifikasi penyederhanaan birokrasi sesuai surat Kementerian Dalam Negeri Nomor 130/1970/OTDA tanggal 26 Maret 2021 perihal Pernyederhanaan Birokrasi pada Jabatan Administrasi di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota dan Surat Kementerian Dalam Negeri Nomor 800/2603/OTDA tanggal 22 April 2021 perihal Pernyederhanaan Birokrasi pada Jabatan Administrasi di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, dengan mempertahankan Perangkat Daerah yang mengampu urusan keistimewaan.

Penyederhanaan birokrasi dilakukan dengan mempertimbangkan: ketersediaan regulasi yang mendukung dalam penyetaraan jabatan yang dialihkan (terkait pengaturan tunjangan, mekanisme pembinaan karir jabatan dan penetapan angka kredit, dll); ketersediaan Instansi Pembina Jabatan Fungsional di pusat; rencana penataan SDM sesuai kualifikasi pendidikan dan kompetensi yang dibutuhkan, dan kesiapan perencanaan Keuangan Daerah.

Langkah penyederhanaan Birokrasi di DIY antara lain: penyampaian hasil identifikasi pemetaan jabatan pada Kementerian Dalam paling lambat 30 April 2021, berdasarkan struktur organisasi saat ini; review Struktur Perangkat Daerah; berkoordinasi dengan kepegawaian yang memetakan SDM yang potensisl dan diusulkan dalam penyetaraan Jabatan Fungsional Penyederhanaan Birokrasi; memetakan dan menghitung kebutuhan anggaran berdasarkan proyeksi kebutuhan Jabatan Fungsional; update kesiapan regulasi nomenklatur dan regulasi Jabatan Fungsional serta standar penyetaraan yang ditetapkan Kementerian PAN dan RB.