Biro Organisasi Instansi Pelayanan Publik Pemda DIY

Pendampingan Intensif Lanjutan Penyusunan Proposal Inovasi Pelayanan Publik

Yogyakarta (30/04/2021) Dalam rangka lanjutan Pendampingan Intensif Penyusunan 11 (sebelas) Proposal Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021, Biro Organisasi Setda DIY kembali menginisiasi kegiatan tersebut yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 29 April 2021 bertempat di Hotel Lynn Horison Yogyakarta.

Tujuan kegiatan Pendampingan Intensif kali ini adalah penyempurnaan penulisan proposal inovasi sesuai indikator aspek penilaian yang diatur dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 161 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2021 dan Finishing Proposal Inovasi melalui entry bersama dalam aplikasi Sinovik. Kegiatan pendampingan diakhiri dengan Buka Puasa Bersama dengan para Inovator dan Tenaga Ahli.

Sinovik adalah kepanjangan dari Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik milik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refromasi Birokrasi sebagai digitalisasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP). Sinovik memfasilitasi penyelenggara dan peserta dalam proses pendaftaran hingga pengumuman KIPP. Dalam kegiatan pendampingan ini juga dipaparkan kembali bagaimana cara penggunaan aplikasi sinovik bagi unit pelayanan publik. Diharapkan bagi unit pelayanan publik yang telah menyelesaikan perbaikan proposalnya agar dapat langsung melakukan input proposal ke dalam aplikasi Sinovik.

Kegiatan Pendampingan Proposal Inovasi kali ini dihadiri oleh Plt. Kepala Biro Organisasi Setda DIY, Drs. YB. Jarot Budi Harjo, Kepala Bagian Standarisasi dan Pelayanan Publik, Abu Yazid, SIP., M.M., Kepala Sub Bagian Pelayanan Publik Nur Samsi Mualifah, SIP., Tim Korektor proposal inovasi, Tim Tenaga Ahli serta para inovator yang berasal dari 10 (sepuluh instansi).

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Biro Organisasi Setda DIY ikut memberikan motivasi dan apresiasi bagi para inovator, Tenaga Ahli dan Tim dari Biro Organisasi atas keseriusan dan kesungguhannya dalam mempersiapkan keikutsertaan Pemda DIY pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kemempan dan RB, “Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah DIY mengucapkan terima kasih dan juga selamat serta apresiasi yang sebesar-besarnya bagi teman-teman inovator, Tenaga Ahli, Mas Popon, Mas Budi dan Mas tri juga Tim dari Biro Organisasi atas kesungguhannya dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik ini, harapannya kita mendapatkan hasil terbaik, dapat masuk dalam Top 99, Top 45 serta Top 5 untuk proposal inovasi kelompok khusus.” Kata Jarot.

Selanjutnya Biro Organisasi sebagai Admin Lokal akan mencermati hasil perbaikan proposal dari Unit Pelayanan Publik dalam aplikasi Sinovik hingga batas waktu tanggal 4 Mei 2021. Target penyelesaian entri seluruh proposal inovasi dalam Sinovik adalah tanggal 8 Mei 2021 sebelum batas waktu penutupan pendaftaran proposal inovasi oleh Kemenpan dan RB yaitu pada tanggal 11 Mei 2021.