Biro Organisasi

Pembukaan Forum Komunikasi Daerah Otonomi Khusus dan Istimewa

 

YOGYAKARTA (06/03/2017) – Pembukaan Forum Komunikasi Daerah Otonomi Khusus dan Istimewa, dengan tema “Penguatan Akuntabilitas Daerah dan Istimewa Dalam Wadah NKRI”,  dilaksanakan pada Kamis malam, (02/03) di Ruang Kasultanan 1 Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta. Laporan ketua Panitia yang disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum Sekda DIY, Dra Kristiana Swasti MSi  mengatakan bahwa maksud dan tujuan diselenggarakannya Forum Komunikasi ini adalah untuk memotivasi badan penyelenggara dan pelaksana otonomi khusus dan istimewa agar saling belajar baik untuk kepentingan pusat maupun daerah.

 

Gubernur DIY, Sultan HB X, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Penjabat Sekretaris Daerah DIY, Ir Rani Sjamsinarsi MT menyampaikan Selamat datang kepada seluruh peserta Forum Komunikasi, dan merupakan suatu kehormatan sekaligus kebanggaan bagi DIY, karena pada tahun ini Daerah Istimewa Yogyakarta dipercaya sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan kegiatan Forum Komunikasi tahun 2017, dan hal ini merupakan momentum yang penting untuk semakin memantapkan komitmen dan konsistensi kita dalam upaya meningkatkan pembangunan Daerah Otonomi Khusus dan Istimewa.

Selain dihadiri oleh Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Perwakilan pejabat pemerintahan dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Papua, dan Papua Barat, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Drs. H. Jarot Syaiful Hidayat, M.Si juga hadir dalam Forum Komunikasi ini sekaligus menyampaikan sekapur sirih untuk memberikan apresisi mengenai kegiatan yang akan berlangsung 2-4 Maret 2017 ini.

Forum Komunikasi resmi dibuka dengan ditandai pemukulan gong oleh Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Dr Soni Sumarsono MDM didampingi oleh pejabat pemerintahan dari masing-masing 5 daerah otonomi Khusus dan Istimewa.

Soni Sumarsono dalam sambutannya memberikan pengarahan terkait Forum Komunikasi yang akan berlangsung, diantaranya, kesepakatan sebutan/nama untuk forum komunikasi ini,  kapan saja waktu dan tempat pelaksanaan, apa tujuan forum komunikasi. Beliau juga menghimbau agar diantara 5 daerah khusus dan istimewa bisa memberikan hasil yang lebih baik.

Usai pemukulan gong, dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari Sekda DIY kepada Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Wakil Gubernur DKI dan 5 daerah otonomi khusus dan istimewa dilanjutkan foto bersama.

Acara pembukaan Forum Komunikasi ditampilkan kesenian dari DIY, Papua, Nanggroe Aceh Darussalam, dan Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Serta Peninjauan stand-stand pameran produk UKM hasil Danais.(st/rm)-mtn

sumber:HUMAS DIY