Lain-lain

OPTIMALISASI ORGANISASI

Organisasi sebagai wadah sumberdaya manusia dalam melakukan tugas dan fungsinya mempunyai peran sangat penting dari berjalannya sebuah lembaga. Tiap saat keberadaan organisasi harus dievaluasi, apakah masih sesuai dengan kondisi yang ada. Apalagi dengan perubahan peraturan payungnya, sehingga akan sering dilakukan penyesuaian, baik perubahan dengan melakukan penataan struktur organisasi ataupun dengan penguatan kapasitas organisasi yang telah ada. Penataan organisasi tidak serta merta harus melakukan restrukturisasi dengan membuat struktur menjadi lebih ramping, namun harus dilakukan penataan berdasar beban tugas yang ada sehingga akan ditemukan ukuran organisasi yang paling tepat (rightsizing). Tentunya hal ini sudah dipahami oleh setiap pelaku organisasi.

Selain itu, penguatan kapasitas sebuah organisasi juga sangat penting bagi eksistensi sebuah lembaga. Kemungkinan organisasi eksisting sudah ada, namun belum optimal dalam pelaksanaan tugasnya. Hal inilah yang membuat sebuah lembaga terkesan tidak optimal dalam kinerja, banyak SDM menganggur, tidak ada pekerjaan, sedangkan di sisi lain ada SDM yang menumpuk pekerjaannya, sampai harus lembur. Hal itulah yang harus diperbaiki. Sehubungan dengan hal tersebut, sangat dibutuhkan analisis beban kerja yang merupakan suatu teknik untuk menentukan jumlah dan jenis pekerjaan suatu unit organisasi / pemegang jabatan yang dilakukan secara sistematis dengan menggunakan metode tertentu.

Keberadaan sebuah organisasi menjadi langkah awal dari keberhasilan sebuah lembaga dalam menjalankan visi misi besarnya. Jika organisasi yang ada belum tepat dan sesuai, maka kenyataan yang terjadi adalah terbuangnya waktu sehingga tidak tercapai target dalam satu tahun anggaran, bahkan sampai pada waktu yang tak terhingga. Untuk itu, penataan dan penguatan kapasitas organisasi sangat diperlukan demi terciptanya sebuah lembaga yang mencapai kinerja secara efektif dan efisien dengan didukung oleh sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Sangat pentingnya organisasi dengan ukuran yang tepat bagi sebuah lembaga, menjadikan penataan dan penguatan organisasi menjadi salah satu area perubahan dalam reformasi birokrasi yang sedang berjalan di republic ini. (dea)