Artikel Artikel Umum Lain-lain Pelayanan Publik

MEMAHAMI KARAKTERISTIK PENGGUNA LAYANAN KITA UNTUK PELAYANAN YANG LEBIH BAIK

Masa-masa ini kita memasuki apa yang disebut-sebut sebagai era industri 4.0 yang ditandai dengan penggunaan teknologi informasi yang semakin masiv di segala lini kehidupan. Bermula dari intensnya perkembangan teknologi informasi komunikasi sampai-sampai semua serba internet (internet of thing), lalu semua jenis pelayanan dipermudah dengan berbagai aplikasi. Sektor transportasi, kesehatan, pendidikan, perdagangan, pertanian, sosial, keagamaan dan sebagainya memanfaatkan jaringan internet untuk pelayanan.

Trend tersebut tentu harus diapresiasi positif. Namun satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya adalah memahami karakteristik pengguna layanan.  Bila kedua hal tersebut dipadukan maka akan tersaji banyak menu pelayanan yang akan menjadi favorit penggunanya. Berikut beberapa karakteristik pengguna layanan yang harus kita pahami dan upaya yang harus kita lakukan:

Tabel Karakteristik Pengguna Layanan  dan Upaya yang Dilakukan

No. KARAKTERISTIK UPAYA YANG DILAKUKAN
1. Kecenderungan bertanya dari pada melihat visualisasi gambar /foto
  • Kecuali memasang papan-papan informasi, pastikan semua petugas termasuk petugas keamanan dan kebersihan memahami informasi pelayanan untuk dapat menjawab pertanyaan pengguna layanan.
  • Kembangkan bentuk-bentuk penyampaian informasi audio-visual yang menarik
2. Menyukai suasana yang hangat bersahabat, nyaman
  • Selalu salam, sapa, senyum
  • Bantu dengan corong suara untuk memberikan informasi/ pengumuman/pengarahan pelayanan
  • Sediakan tempat parkir yang memadai
  • Pastikan tarif parkir tidak melebihi ketentuan
  • Sediakan ruang tunggu dan kursi tunggu yang memadai, lengkapi dengan bahan bacaan dan alat permainan anak-anak
  • Harumkan ruangan, pasang tempat sampah pada titik-titik yang representatif
  • Perindah dengan tanaman-tanaman hias
  • Pastikan toilet bersih, harum, tersedia tisu
3. Tidak menyukai janji-janji tetapi bukti
  • Lakukan briefing sebelum pelayanan dibuka, pastikan semua petugas memahami standar pelayanan
  • Berikan pelayanan tepat waktu, bila lewat waktu berikan hadiah sebagai kompensasi keterlambatan
  • Adakan evaluasi harian untuk mengetahui dinamika permasalahan dan kinerja pelayanan hari itu.
4. Menginginkan pelayanan yang cepat dan tidak berbelit
  • Lakukan briefing sebelum pelayanan dibuka, pastikan semua petugas memahami standar pelayanan
  • Sediakan sistem antrian offline yang memadai, bila memungkinkan juga sediakan sistem antrian online
  • Adakan evaluasi harian untuk mengetahui dinamika permasalahan dan kinerja pelayanan hari itu.
5. Ingin didengar masukan dan keluhannya
  • Lakukan survei kebutuhan pengguna layanan berkala
  • Sediakan media penyampaian saran/keluhan/aduan offline (misal kotak aduan dan online (telepon, wa, website, menu contact us).
  • Berikan hadiah kepada pengguna layanan yang memberikan saran konstruktif
  • Minta feedback kepada pengguna layanan setelah pelayanan diberikan
6. Berprasangka kurang baik terhadap petugas pelayanan
  • Sosialisasikan secara offline dan online ke pengguna layanan tentang kemajuan/prestasi/unggulan unit kerja yang telah diperoleh dan/atau perubahan yang sudah dilakukan.
  • Fungsikan layanan pengaduan/call center
  • Terima kritik dan masukan pengguna layanan dengan baik kemudian segera merespon
  • Adakan forum training rutin kepada petugas pelayanan menyangkut pengetahuan, sikap dan ketrampilan melayani

Ada juga catatan-catatan penting dari pengguna layanan yang harus kita pahami. Menurut survey yang dimuat laman wikihow.com, bahwa 69% dari pelanggan mendefinisikan layanan pelanggan yang “baik” adalah jika masalah mereka diatasi dengan segera. Lalu 70% pengguna layanan rela membayar harga yang lebih mahal jika mereka mendapatkan layanan yang unggul dan bersifat pribadi; serta 81% pengguna layanan percaya bahwa bisnis kecil mampu memberikan pelayanan yang lebih baik daripada bisnis yang besar.

Selamat berinteraksi dengan para pengguna layanan Anda, teruslah menggali dan memahami apa saja yang mereka inginkan, bila Anda tidak ingin kehilangan pengguna layanan Anda. (Yogyakarta, 5 Maret 2020. Kontributor: Fai)