Artikel Umum

Kerangka Kerja 7S McKinsey Untuk Mendiagnosa Organisasi

Masih tentang diagnosa organisasi, kali ini penulis mengangkat pendekatan McKinsey 7S Framework sebagai tool untuk mendiagnosa permasalahan organisasi. Ada 7 elemen kunci keberhasilan menurut McKinsey,  untuk menganalisis efektifitas organisasi. Perubahan mana yang perlu, didasarkan atas hasil diagnosa atas 7 elemen tersebut. Pertama, Shared Value: apakah nilai yang diyakini bersama, identitas, mindset yang membentuk budaya kerja organisasi telah terbentuk?

Kedua, Style: bagaimana gaya, perilaku kerja para pimpinan dalam memberikan arahan, perilaku para pimpinan dalam memberikan perhatian terhadap  masalah bawahan. Ketiga, Staff: sejauhmana jumlah dan karakter kerja bawahan mendukung ketugasan institusi?

Keempat, Skills: bagaimana tingkat kapasitas dan kompetensi pegawai secara keseluruhan dibandingkan tuntutan kinerja. Lalu bagaimana organisasi mengembangkan potensi SDM untuk menopang ketugasan institusi? Kelima Structure: berkaitan dengan rantai komando, pembagian tugas, hirarki otoritas, tanggung gugat, relasi antar unit dan antar jabatan bagaimana sinerginya? Keenam Strategy: apakah platform, cara organisasi mencapai tujuan dan menjaga keberlangsungannya masih relevan dengan tuntutan eksternal dan internal? Ketujuh, System: prosedur, proses, rutinitas operasional organisasi, baik pendukung maupun inti apakah relevan dengan target kinerja yang ingin dicapai?

Masih banyak pendekatan/model diagnosa organisasi yang dapat digunakan, tetapi pada intinya adalah menemukan gap (kesenjangan) antara apa yang seharusnya dengan apa yang senyatanya untuk kemudian dirumuskan solusi penyempurnaan yang diperlukan demi peningkatan kinerja organisasi.