Biro Organisasi

KELEMBAGAAN ISTIMEWA KECAMATAN DAN DESA DI DIY

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

YOGYAKARTA (06/06/2017) – Bertempat di Ruang Rapat Biro Organisasi Kepatihan Yogyakarta, Pemda DIY dalam hal ini  Biro Organisasi Setda DIY menyelenggarakan kegiatan rakor kelembagaan Kecamatan dan Desa di DIY.. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut kesepakatan rakor  para Sekretaris Daerah se-DIY yang baru saja dilaksanakan seminggu  yang lalu. Rakor yang berlangsung sehari tersebut diikuti para Kabag Organisasi Kabupaten/Kota se-DIY  dipimpin Kepala Biro Organisasi Setda DIY DIY Drs YB Jarot Budiharjo.

Dalam arahannya Kepala Biro Organisasi Setda mengatakan, dengan kelembagaan istimewa di DIY hingga tingkat Kecamatan dan  Desa  yang dipayungi Undang-Undang Keistimewaan DIY, nantinya diharapkan akan membuka jalan danais bisa mengalir hingga ke tingkat Desa yang bermuara pada peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat hingga tingkat paling bawah. Disamping itu dalam rakor juga dirancang keselarasan  hubungan kelembagaan dan nomenklatur yang bersifat istimewa antara Pemda DIY, Pemda Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa dengan mempertimbangkan pemerintahan asli Yogyakarta.

Kekhususan terhadap kelembagaan tersebut sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY memiliki 5 (lima) urusan Keistimewaan salah satunya urusan Kelembagaan Pemerintah Daerah. Hal ini ditegaskan pula dalam Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 399 serta diterbitkannya  Permendagri Nomor 8 tahun 2017 tentang Kelembagaan Pemerintah Daerah  DIY.(mtn,bwy)