Biro Organisasi Pemda DIY Pemerintah Daerah Seputar Yogyakarta

FORKOMPANDA DIY DI KOTA YOGYAKARTA

YOGYAKARTA (11/10/2016) – Bertempat di Pasar aneka tanaman dan satwa Yogyakarta (PASTY) milik Pemerintah Kota Yogyakarta, Selasa (11/10) diselenggarakan perhelatan Forum Komunikasi Pendayagunaan Aparatur Negara Daerah (FORKOMPANDA) DIY.   Forkompanda merupakan wadah dalam rangka sinergitas program dan kegiatan antara Pemda DIY dengan Kabupaten/Kota se DIY dalam Bidang Pendayagunaan Aparatur Negara Daerah. Forkompanda  kali ini dilaksanakan oleh Bagian Organisasi Setda Kota Yogyakarta.

Hadir pada acara tersebut  Asisten Administrasi Umum Setda Kota Yogyakarta Dra. M.K. Pontjosiwi W, Kepala Biro Organisasi Setda DIY Drs YB Jarot Budi Harjo, Para Kepala Bagian Organisasi Kabupaten/ Kota se DIY dan jajarannya.

Materi yang menjadi diskusi antara lain disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kota Yogyakarta Pontjosiwi W tentang kelembagaan Kabupaten/kota yang bersifat istimewa mengacu undang-undang keistimewaan dan dapat mewadahi inovasi di daerahnya.

Menanggapi hal tersebut   Kepala Biro Organisasi Setda DIY Drs YB Jarot Budi Harjo mengatakan inovasi kelembagaan daerah dibatasi oleh  PP 18/2016 tentang perangkat daerah.   Namun demikian bila berpayung UU keistimewaan DIY, pemerintah Kabupaten/ Kota di DIY memiliki peluang untuk itu. Hal tersebut lanjut Kepala Biro, Kementerian Dalam Negeri memberikan lampu hijau dengan arahan yang penting lembaga tidak menjadi terlalu besar. Dalam waktu dekat Kementerian Dalam Negeri akan segera menerbitkan peraturan pemerintah yang mengatur khusus perangkat daerah di DIY sebagai tindaklanjut undang-undang keistimewaan DIY. (wbs/mtn)