Biro Organisasi

FINALISASI KELEMBAGAAN ISTIMEWA PEMDA DIY

 

YOGYAKARTA (04/07/2017) – Bertempat di Ruang Rapat Biro Organisasi Kepatihan  Yogyakarta Pemda DIY dalam hal ini diampu oleh Biro Organisasi Setda DIY, menyelenggarakan  finalisasi penyusunan bentuk dan susunan organisasi kelembagaan istimewa Pemda DIY. Kegiatan  tersebut membutuhkan kecermatan kehati-hatian, bukan saja  karena kelembagaan istimewa tersebut merupakan penjabaran urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Pemda DIY tetapi juga meramu struktur pemerintahan asli sesuai kewenangan keistimewaan DIY di dalamnya. Hal ini  mencakup keselarasan kelembagaan antara Pemda DIY, Pemkab/Pemkot, Kecamatan dan Desa/Kelurahan sampai ke Kampung/Dukuh.

Dalam arahannya Kepala Biro Organisasi Setda DIY DIY Drs YB Jarot Budiharjo., bertindak sebagai pimpinan kegiatan mengatakan, “kelembagaan istimewa DIY juga akan di desain  sedemikan rupa agar secara dinamis dapat mewadahi bisnis proses setiap urusan dan kegiatan serta struktur kelembagaan mengikuti  prinsip mobney follow program.”

Perkembangan terkini finalisasi tersebut, kelembagaan istimewa DIY diharapkan juga dapat  menampung  prioritas program strategis Pemda DIY untuk mencapai visi dan missi DIY serta merupakan proses penjabaran  (cascading) dan penyelarasan (alignment) Sasaran Strategis (SS), Indikator Kinerja Utama (IKU), dan/atau target IKU”. (ern,mtn).