Pemerintah Daerah

EVALUASI IMPLEMENTASI HASIL ANALISIS JABATAN

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Biro Organisasi Setda DIY pada hari Senin dan Selasa tanggal 14- 15 Juli 2014  bertempat di Ruang Rapat Gedung Unit VIII Kepatihan Danurejan Yogyakarta  dalam bentuk Forum Group Discussion (FGD) dengan mengundang seluruh instansi baik SKPD  maupun UPTD dan UPTLTD.  Evaluasi Implementasi Hasil Analisis jabatan diselenggarakan untuk mengetahui sejauh mana kesesuaian antara hasil analisis jabatan (salah satunya pergub kualifikasi jabatan) terhadap implementasi pergub dimaksud pada masing-masing instansi. Selain itu juga untuk menginventarisir kendala pelaksanaan tugas fungsi terkait dengan dukungan SDM di instansi.

Untuk melaksanakan evaluasi dimaksud, digunakan beberapa instrumen yang terwujud dalam 3 jenis kuesioner yang terdiri dari: (1) kuesioner untuk kualifikasi jabatan struktural. Kuesioner ini terdiri dari 6 pertanyaan tentang kesesuaian SK jabatan; kesesuaian golongan; kesesuaian pendidikan; keikutsertaan diklatpim; kesesuaian diklat teknis dan kesesuaian jumlah pemangku jabatan.

(2) Kuesioner untuk Kualifikasi Jabatan Fungsional Umum terdiri dari 7 pertanyaan tentang: kesesuaian SK jabatan, kesesuaian golongan, kesesuaian pendidikan, kesesuaian diklat teknis, kesesuaian jumlah pemangku jabatan, kesesuaian tugas riil dengan uratain tugas jabatan, dan ketersediaan kartu jabatan. Dan yang ke (3) adalah kuesioner untuk kualifikasi jabatan fungsional tertentu, yang digunakan untuk mengetahui keterisian formasi pada masing – masing instansi.

 

Diharapkan dengan instrumen ini nantinya, dapat tergali informasi secara akurat implementasi Pergub Kualifikasi jabatan pada masing-masing instansi sekaligus sebagai bahan rekomendasi bagi bagi instansi sendiri maupun bagi Pemda DIY dalam penyusunan kebijakan bidang SDM Aparatur dalam mewujudkan refomasi birokrasi serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.