Biro Organisasi

EKSPOSE INVENTARISASI UPTD KABUPATEN/KOTA

 

YOGYAKARTA (29/08/2017) –  Bertempat di Gedung Unit IX Kompleks Kepatihan Yogyakarta  Senin(28/08), Biro Organisasi Setda DIY menyelenggarakan ekspose hasil  inventasirasi Unit Pelaksanan Teknis Daerah (UPTD)  Kabupaten/Kota se-DIY. Kegiatan ini  merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 12 tahun 2017 tentang pedoman pembentukan dan klasifikasi cabang dinas dan unit pelaksana teknis daerah (UPTD).

Bertindak sebagai narasumber Kepala Biro Organisasi Setda DIY Drs YB Jarot Budi Harjo dan Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Gunungkidul Markus Trimunarja, SIP, MSi.

Sesuai  ketentuan Permendagri di atas, konsultasi pembentukan UPTD Kabupaten/Kota harus dilengkapi dengan dokumen kajian akademis  disertai analisis beban kerja dan analisis rasio belanja pegawai. Disepakati oleh masing-masing Kabupaten/kota target penyelesaian penyusunan dokumen dimaksud segera rampung akhir bulan Agustus ini  untuk mendapatkan persetujuan Gubernur DIY.

Dalam arahannya Kepala Biro Organisasi Setda DIY Drs YB Jarot Budi Harjo mengutarakan, dalam evaluasi UPTD lebih menekankan menata kembali UPTD yang sudah ada dari pada membentuk UPTD baru. Karena bila asal membentuk UPTD sekalipun sangat diperlukan dalam pelayanan  kepada masyarakat dikhawatirkan tugas dan fungsinya tidak tidak berjalan optimal. Lebih lanjut ditambahkan faktor anggaran, sarana dan prasarana serta kesiapan aparatur sipil negara petugas teknis yang kompeten harus diperhitungkan secara cermat. Dari hasil identifikasi  yang dilakukan tim Biro Organisasi Setda DIY, permasalahan paling umum adalah keterbatasan  aparatur sipil negara yang akan melaksanakan tugas di UPTD tersebut (bws,mtn)