Biro Organisasi

BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNAN LKJ IP DAN PK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

YOGYAKARTA (23/03/2016).  Dalam rangka meningkat kualitas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKj IP) Tahun 2015 dan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun 2016 dari Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan Pemda DIY, Biro Organisasi Setda DIY bekerja sama dengan Bappeda DIY dan Inspektorat DIY, menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Perjanjian Kinerja yang dimulai Selasa (23/02) pukul 09.00 WIB bertempat di Gedung Unit VIII Komplek Kepatihan Yogyakarta.

Bimtek penyusunan LKj IP dan PK SKPD dibuka Asisten Administrasi Umum Dra. Kristiana Swasti, M.Si. Pada kesempatan itu dihadiri oleh perwakilan SKPD di lingkungan Pemda DIY.

Dalam sambutan Asisten Administrasi Umum Dra. Kristiana Swasti M.Si menyampaikan pentingnya Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah. Di samping itu disampaikan pula pentingnya Perjanjian kinerja (PK) sebagai wujud komitmen penerima amanah dan kesepakatan antara penerima dan pemberi amanah atas kinerja terukur tertentu menurut tugas, fungsi dan wewenang serta sumber daya yang tersedia. Kinerja yang disepakati tidak dibatasi pada kinerja yang dihasilkan atas kegiatan tahun bersangkutan, tetapi termasuk kinerja (outcome) yang seharusnya terwujud akibat kegiatan tahun-tahun sebelumnya.

 


 

http://biroorganisasi.jogjaprov.go.id/images/stories/2%20new.jpg

Sedangkan Kepala Biro Organisasi Drs YB Jarot Budiharjo memaparkan peningkatan nilai LKj IP Pemda DIY dari tahun ke tahun sehingga harus dipertahankan. Bimtek Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Perjanjian Kinerja kali ini erat kaitannya dengan upaya mendorong peningkatan kapasitas aparatur Pemerintah Daerah DIY khususnya yang terlibat dalam program pengembangan sistem pelaporan capaian kinerja di masing-masing SKPD.

Bimbingan berlangsung selama lima hari hingga tanggal 27 Februari 2016, melibatkan narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Hernawan, S.E., MT dari Bappeda DIY, dan Ir. Eko Prastono, MT dari Inspektorat DIY. Proses pendampingan penyusunan LKj IP dan PK masing-masing SKPD dilakukan secara kelompok menurut komisi dengan dipandu oleh tim instruktur dari Bappeda, Inspektorat dan Biro Organisasi Setda DIY.

Materi dalam pelatihan penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2015 dan Perjanjian Kinerja Tahun 2016 pada hari pertama diantaranya, penyampaian arahan atau panduan terkait langkah-langkah dalam mengembangkan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah, Perjanjian Kinerja dan juga menyertakan format yang harus dilengkapi oleh SKPD. Pelatihan ditutup dengan presentasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Perjanjian Kinerja oleh peserta. (fandi)