Biro Organisasi

Bimbingan Teknis Penyusunan Analisis Jabatan

 

YOGYAKARTA (16/03/2018) Dalam rangka mewujudkan Sumber Daya Manusia Aparatur yang profesional sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, perlu disusun analisis jabatan sebagai suatu proses dan tata cara untuk memperoleh data jabatan yang diolah menjadi informasi jabatan dan disajikan untuk kepentingan kelembagaan, kepegawaian, ketatalaksanaan, serta pengawasan dan akuntabilitas.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, pada Tahun Anggaran 2018 Biro Organisasi Setda DIY melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Analisis Jabatan terhadap seluruh nama jabatan pada 21 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Daerah DIY yang dilaksanakan secara simultan dengan pembahasan Raperdais Kelembagaan Pemerintah Daerah DIY. Kegiatan Bimtek Analisis Jabatan terbagi ke dalam 2 (dua) angkatan yang dilaksanakan pada tanggal 6 dan 7 Maret serta 13 dan 14 Maret bertempat di gedung Pracimosono. Bertindak sebagai narasumber Kepala Biro Organisasi Setda DIY dan secara teknis dipandu oleh Bagian Analisa dan Formasi Jabatan serta pelaksana di lingkungan Biro Organisasi Setda DIY.

Beberapa materi pokok yang disampaikan dalam Bimbingan Teknis Analisis Jabatan meliputi pengantar analisis jabatan, dasar-dasar analisis jabatan, uraian tugas jabatan, fungsi pekerja jabatan, kondisi lingkungan kerja, syarat jabatan, metode pengumpulan data jabatan, teknik perumusan jabatan, dan metode penyusunan informasi jabatan komprehensif. (llk)