Artikel Umum

Berpuasa Tanpa Mengurangi Produktivitas

YOGYAKARTA (29/05/2017) Hari ini Senin 29 Mei 2017 adalah hari ketiga berpuasa bagi saudara-saudara kita umat Islam. Tentu lapar dan haus lumrah dirasakan di tengah-tengah kesibukan kita menjalankan kewajiban tugas sehari-hari selaku Aparatur Sipil Negara, sekaligus menjalankan kewajiban perintah agama. Tekad kita bersama semoga bulan Ramadhan menjadi sarana meningkatkan kecerdasan spiritual, integritas, toleransi dan solidaritas kita.

Sungguh sebuah anugerah yang luar biasa dari Allah Tuhan YME yang telah membuka hati para pendiri bangsa kita saat itu dalam meletakkan sendi-sendi kehidupan bernegara pada konstitusi. Sangat tegas dinyatakan dalam pasal 29 ayat (1) bahwa Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa. Adalah menjadi ketentuan konstitusi kita pasal 29 ayat (2) yang menjamin kemerdekaan warga negara untuk beragama dan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan.

Khusus di Bulan Ramadhan, wujud fasilitasi pemerintah terhadap kebebasan menjalankan ibadah antara lain pengaturan jam kerja selama Bulan Ramadhan dari 37,5 jam per minggu menjadi 32,5 jam per minggu bagi aparatur pemerintah. Maka Bulan Ramadhan mesti disikapi secara bijak. Bagaimana ibadah berjalan dengan baik, tugas-tugas juga tetap berjalan sesuai target yang direncanakan.

Permasalahan publik yang memerlukan intervensi pemerintah di segala lini, baik pelayanan barang/jasa maupun pelayanan administrative, tidak berarti menurun intensitasnya pada saat bulan Ramadhan. Sektor pangan, perdagangan, transportasi, perhubungan, kesehatan, ketenteraman dan ketertiban umum, serta keamanan bahkan mengalami peningkatan intensitas, apalagi menjelang dan sesudah hari Raya Idul Fitri.

Maka di bulan Ramadhan produktivitas kita tetap harus terjaga. Konsumsi lebih banyak makanan berserat, buah yang mengandung banyak cairan, perbanyak minum air putih; hindari minuman mengandung alcohol, kafein dan soda serta berolah raga secukupnya agar stamina tetap prima. Bukankah realisasi fisik maupun keuangan, sesuai Rencana Operasional Pelaksanan Kegiatan yang telah ditetapkan, termasuk di bulan Ramadhan ini harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya?