Artikel Umum

ANALISIS JABATAN ITU MUDAH (3 M). MENYUSUN, MEMAHAMI, MEMANFAATKAN) URAIAN TUGAS JABATAN

Pada satu instansi/SKPD, masing-masing pegawai tentu memiliki jabatan yang berbeda-beda. Tiap instansi /SKPD  juga memiliki visi, misi, serta tujuan masing-masing. Oleh karenanya, sebagai pegawai, penting untuk mengetahui visi, misi serta tugas dan fungsi masing-masing instansi/SKPD/UKSKPD secara baik.

Asumsinya apabila masing-masing pegawai dapat  menyusun serta  memahami struktur organisasi dengan baik, maka diyakini pula  bisa menyusun uraian tugas jabatan yang baik pula, sehingga akan sangat membantu  dalam aktifitas tugas dan fungsi instansi/SKPD, untuk mencapai tujuan.

Masing-masing pegawai tentu memiliki tanggung jawab, peran, serta aktivitas yang berbeda-beda. Untuk mengetahui mengenai apa saja tanggung jawab, peran, serta aktivitas yang harus dilakukan oleh pegawai, perlu diadakan suatu analisis  jabatan atau job analysis.

 

Analisis jabatan bertujuan untuk mengumpulkan serta mengkategorikan segala data jabatan secara komprehensif/menyeluruh dan mengolah menjadi informasi jabatan pada instansi/SKPD  untuk program-program kelembagaan, kepegawaian, serta ketatalaksanaan dan sebagainya. Adapun  kegunaan/manfaat uraian jabatan berbeda-beda untuk setiap tingkatan jabatan dalam berkontribusi pada instansi/SKPD/UKSKPD. Kegunaan/ manfaat dari menyusun uraian tugas  jabatan atau job description diantaranya:

 

 

§ Uraian tugas jabatan dapat membantu pimpinan mengoptimalkan tanggung jawab serta peran  bawahan  dalam instansi/SKPD, sehingga pemegang jabatan dapat bekerja secara optimal;

§ Uraian tugas jabatan dapat digunakan oleh pemegang jabatan sebagai panduan serta pedoman kerja  untuk mengetahui apa yang  diharapkan dan harus dilakukan untuk instansi/SKPD/UKSKPD;

§ Uraian tugas jabatan dapat untuk pengembangan pola karir, dimana dengan menggunakan uraian jabatan sebagai salah satu basic dalam menempatkan pegawai sesuai tanggung jawab, peran, serta kebutuhan instansi/SKPD terhadap SDM Aparatur;

§ Uraian tugas jabatan untuk evaluasi jabatan, evaluasi jabatan dapat mendasarkan/menggunakan uraian tugas jabatan untuk mengukur beban jabatan serta membandingkan beban jabatan yang satu dengan yang lain dalam suatu instansi/SKPD secara proporsional dan berkeadilan.

Dapat dilihat dari gambaran yang ada bahwa menyusun uraian tugas jabatan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam suatu instansi/SKPD, terutama dalam kaitannya dengan pelaksanaan tugas dan fungsi serta pemberdayaan SDM Aparatur secara berkelanjutan (sustainable).