Artikel Umum

ANALISIS JABATAN ITU MUDAH (2) (Uraian Tugas Jabatan)

Setiap jabatan mempunyai karakteristik sendiri-sendiri. Jabatan yang satu berbeda karakteristiknya dengan jabatan yang lain. Karakteristik jabatan tersebut dapat dilihat dan ditentukan  dari hasil kerja, bahan kerja dan perangkat kerja yang dipergunakan. Karakteristik jabatan dapat dideskripsikan sebagai berikut :

1) Keberadaan jabatan ditentukan adanya HASIL KERJA (harus ada).

2) Hasil kerja dapat diperoleh bila ada sesuatu yang diolah, (BAHAN   KERJA).

3) Bahan kerja dapat diolah menjadi Hasil Kerja, bila ada (PERANGKAT KERJA).

Dengan pemahaman dan gambaran karakteristik jabatan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengolahan bahan kerja dengan perangkat kerja untuk memperoleh hasil kerja, adalah merupakan suatu proses. Proses pengolahan bahan kerja untuk memperoleh hasil kerja disebut dengan TUGAS.

Dengan demikian, pengertian tugas adalah “Proses mengolah bahan kerja menggunakan perangkat kerja untuk memperoleh hasil kerja”. Tugas bila dipaparkan secara rinci disebut dengan rincian tugas. Rincian tugas merupakan komponen yang penting dalam analisis jabatan, dan merupakan informasi bersifat kualitatif.

Rincian tugas bisa mencerminkan informasi jabatan yang lain, seperti letak jabatan dalam klasifikasi, tingkat jabatan, perangkat kerja, hasil kerja dan syarat kerja. Oleh karena itu, rincian tugas erat kaitannya dengan informasi jabatan yang lain.

Adapaun rincian tugas  mempunyai sifat diantaranya;

  1. 1. Deskriptif

Artinya, bersifat mencandra/menggambarkan atau menguraikan. Maksudnya, rincian tugas harus memberikan gambaran jabatan yang jelas dan memberikan pengertian yang pas/cocok. Oleh karena itu, rincian tugas harus jelas dan terinci.

  1. 2. Kualitatif

Artinya, rincian tugas berbentuk naratif atau paparan yang berwujud susunan kata dan kalimat. Karena berujud kata dan kalimat, maka rincian tugas bersifat kualitatif, artinya bahwa yang dituntut bukan jumlah panjang lebar atau kuantitas dari kata atau kalimatnya, tetapi pada  kualitas/mutu, tepat, ringkas dan keserasian susunan kata atau kalimat.