Berita Biro Organisasi Instansi Nasional Pemda DIY

Kunjungan Kerja Dalam Rangka Studi Pembelajaran Peningkatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Utara

Yogyakarta (22/10/2021) Bertempat di Ruang Rapat Biro Organisasi Lantai 3, Kompleks Kepatihan Danurejan Yogyakarta, pada hari Jumat 22 Oktober 2021, Biro Organisasi Setda DIY menerima kunjungan dari Biro Organisasi Sekretariat Daerah, Tim Reformasi Birokrasi dan Tim SAKIP Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Kunjungan diterima dan disambut oleh Kepala Biro Organisasi Setda DIY melalui Kepala Bagian Reformasi Birokrasi, Tuty Amalia, S.H., M.Si dengan didampingi perwakilan dari Bappeda DIY dan Inspektorat DIY.

Tujuan kunjungan kerja Pemerintah Provinsi Sumatra Utara adalah dalam rangka Studi Pembelajaran peningkatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP). Beberapa topik bahasan antara lain penyusunan Sistem Manajemen Kinerja melalui implementasi Performance Based Organization (PBO), Cascading Kinerja/Pohon Kinerja, Peta Proses Bisnis, proses monev Standar Operasional Prosedur (SOP), dan sistem monev pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Lingkungan Pemda DIY.

Dalam kunjungan tersebut dijelaskan secara singkat mengenai Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta menurut Undang Undang Nomor 13 Tahun 2012, Cascading Kinerja/Pohon Kinerja menurut Perda DIY Nomor 3 Tahun 2018 tentang RPJMD DIY Tahun 2017-2022, Roadmap Reformasi Birokrasi Pemda DIY menurut Pergub DIY Nomor 94 Tahun 2020, Rencana Aksi Reformasi Birokrasi Perangkat Daerah, dan Pelaksanaan Budaya Pemerintahan SATRIYA menurut amanat Pergub Nomor 72 Tahun 2008 tentang Budaya Pemerintahan dan Pergub DIY Nomor 53 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Budaya Pemerintahan di Lingkungan Pemda DIY. Selain itu juga dilakukan tanya jawab seputar inovasi-inovasi lain yang dilakukan oleh ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah DIY.

Kunjungan kerja diharapkan dapat menjalin silaturahim, proses belajar bersama dan berbagi ilmu serta perbaikan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.(mrga-RB)