Biro Organisasi Instansi Pelayanan Publik Pemda DIY

Pendampingan Intensif Penulisan Proposal Inovasi Pelayanan Publik

YOGYAKARTA (24/04/2021) Dalam rangka keikutsertaan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Biro Organisasi Setda Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terus melakukan pendampingan penyusunan proposal inovasi terhadap 10 (sepuluh) inovasi kelompok umum dan 1 (satu) inovasi kelompok khusus yang terpilih untuk mewakili Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Kompetisi tersebut. 10 (sepuluh) inovasi kategori umum dimaksud antara lain :

  1. Belajar Bareng Maju Bareng Bersama SIBAKUL (Sistem Pembinaan Koperasi dan Pelaku Usaha) dari Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah DIY;
  2. G2R, Global Gotong Royong dari Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Setda DIY;
  3. Difabel Siaga Bencana dari Dinas Sosial DIY;
  4. ASA DI BUKIT SERIBU : Manajemen Kolaboratif Pengelolaan Hutan Jati Unggul Nusantara (JUN) dari Balai KPH Yogyakarta;
  5. SENGGUH : Sistem Evaluasi Pertanggungjawaban Pembangunan Daerah DIY dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DIY;
  6. Jiwa SATRIYA Pengawal Kelola Pemerintahan yang baik dari Biro Organisasi Setda DIY;
  7. Ada Kinosi dari Balai Pengembangan Jasa Konstruksi DIY;
  8. DATAKU (Integrasi data untuk masa depan dengan Dataku) dari Kepala Balai Penelitian Pengembangan dan Statistik DIY;
  9. Menggapai Mimpi Sahabat Rimba (Kolaborasi Pemerintah dengan Masyarakat dalam Pemanfaatan Jasa Lingkungan Wisata Alam) dari Balai KPH Yogyakarta; dan
  10. E-Journal Ideguru Sahabat Literasi dan Karier Guru dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY.

Sedangkan untuk 1 (satu) inovasi kelompok khusus adalah SEPATU JOLIFA (Sistem Perpustakaan Terpadu Jogja Library For All) dari Balai Layanan Perpustakaan DIY.

Kegiatan pendampingan intensif yang diilaksanakan pada hari Rabu tanggal 21 April 2021 ini bertempat di Ayaarta Hotel Malioboro dan dihadiri oleh Kepala Bagian Standarisasi dan Pelayanan Publik, Abu Yazid, SIP., M.M., Kepala Sub Bagian Pelayanan Publik Nur Samsi Mualifah, SIP., Tim Korektor proposal inovasi, Tim Tenaga Ahli serta para inovator yang berasal dari 10 (sepuluh instansi).

Pendampingan intensif ini merupakan lanjutan dari kegiatan pendampingan sebelumnya yang dilakukan pada tanggal 8 dan 9 April 2021. Berbeda dengan kegiatan pendampingan sebelumnya yang berfokus pada penyesuaian pengisian indikator aspek penilaian dalam proposal inovasi berdasarkan aturan baru yaitu Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 161 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2021. Pada pendampingan intensif kali ini membahas substansi serta tata bahasa yang digunakan dalam penulisan pada setiap indikator aspek penilaian di dalam proposal. Memastikan apakah setiap indikator telah diisi sesuai dengan yang diharapkan, apakah bahan atau data dukung yang digunakan untuk memperkuat penjelasan dalam proposal telah cukup baik, begitupun dengan penggunaan bahasa dan tata letak kalimat di dalam setiap paragraf telah sesuai dan menarik bagi pembaca. Tim Korektor dan Tenaga Ahli secara intensif menganalisa dan memberikan rekomendasi tindak lanjut perbaikan dari penulisan proposal sebelumnya dan untuk perbaikan proposal selanjutnya, serta juga aktif berdiskusi dengan inovator untuk menghasilkan proposal yang terbaik bagi semua pihak.

Kegiatan Pendampingan Proposal Inovasi Pelayanan Publik akan terus dilakukan demi mendapatkan proposal inovasi yang berkualitas dan mampu bersaing pada tingkat nasional. Penutupan pendaftaran keikutsertaan Kompetisi Inovasi Publik oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dijadwalkan pada tanggal 11 Mei 2021.