Berita Budaya Satriya Seputar Yogyakarta

Workshop Budaya Satriya “Pengembangan Karakter Pegawai Melalui Budaya Satriya”

WONOSARI (19/06/2019) Dalam rangka sosialisasi implementasi Budaya Pemerintahan Satriya di semua ASN Pemerintah Daerah DIY, khususnya pada sekolah (SMA/SMK) seluruh DIY maka Biro Organisasi Setda DIY hadir sebagai narasumber pada Workshop Budaya Satriya yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 2 Wonosari Gunungkidul pada hari Selasa (18/06/2019) di Aula SMA Negeri 2 Wonosari Gunungkidul. Hadir dalam acara ini Pengawas Pembina Sekolah Drs. Mujiman, MM dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY dan seluruh guru serta karyawan SMA negeri 2 Wonosari Gunungkidul.

Selaku tuan rumah Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Wonosari, Sunardi SPd, MPd, menyampaikan harapan dari acara ini agar semua ASN di lingkup SMA Negeri 2 Wonosari bisa mengetahui makna dari Budaya Pemerintahan Satriya dan meng-implementasikannya pada kehidupan sehari-hari baik di lingkungan masyarakat maupun lingkungan kerja, selain itu diharapkan bisa menjadi tauladan dan contoh untuk semua siswa-siswi di SMA Negeri 2 Wonosari.

Kepala Sub Bagian Percepatan Reformasi Birokrasi pada Biro Organisasi Setda DIY, Maria Fithri Agustina, SE, M.Acc dalam acara ini menyampaikan paparan materi dengan judul “Budaya Pemerintahan Satriya untuk Merespon Percepatan Reformasi Birokrasi Pemerintah Daerah DIY”. Beberapa hal yang menjadi poin penting adalah kontribusi Budaya Pemerintahan Terhadap Reformasi Birokrasi diharapkan memberikan hasil terhadap; (1) nilai hasil evaluasi SAKIP, (2) indeks persepsi anti korupsi, (3) indeks kualitas pelayanan (4) indeks kapasitas organisasi, dan (5) opini BPK terhadap laporan keuangan. Pada kesempatan ini juga disampaikan hasil evaluasi pelaksanaan budaya pemerintahan di SKPD DIY pada tahun 2017 dan 2018. (wbs-rb)