Berita Biro Organisasi Budaya Satriya Pemda DIY Pemda DIY

Visitasi/Kunjungan Lapangan Penilaian Budaya Pemerintahan SATRIYA 2019

YOGYAKARTA (18/11/2019) Budaya Pemerintahan SATRIYA yang telah ditetapkan dengan Peraturan Gubernur Nomor 72 Tahun 2008 tentang Budaya Pemerintahan di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah bentuk komitmen Pemerintah Provinsi DIY dalam mencapai keberhasilan transformasi birokrasi yang berbasiskan pada nilai nilai kearifan lokal DIY, yaitu filosofi hamemayu hayuning bawana dan ajaran moral sawiji, greget, sengguh ora mingkuh serta dengan semangat golong gilig.

Dalam rangka mengoptimalkan implementasi Budaya Pemerintahan SATRIYA, Pemerintah Daerah DIY telah melaksanakan Kompetisi Kelompok Budaya Pemerintahan Satriya Tahun 2019. Pada tahap pertama dewan juri telah melakukan penilaian terhadap pada 10 (sepuluh) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 10 (sepuluh) Unit Pelaksanan Teknis (UPT) Dinas/Badan di lingkungan Pemda DIY. Pada tahab ini OPD dan UPT memaparkan serta menyampaikan rencana aksi Budaya Pemerintahan SATRIYA, tahap selanjutnya Dewan Juri melakukan Visitasi/Kunjungan lapangan yang berlangsung selama 5  hari, pada hari Selasa 12 November s/d Senin 18 November 2019.

Biro Organisasi Setda DIY menyelenggarakan Kompetisi Budaya Pemerintahan SATRIYA’. Untuk mewujudkannya, aparatur pemerintah harus berkomitmen dan semangat hijrah melakukan perubahan mental dan meningkatkan kompetensi. Selain itu bekerja keras, cerdas dan ikhlas agar pemerintah lebih amanah dan akuntabel.

Lebih lanjut dengan menanamkan tata cara nilai budaya yang terkandung dalam Satriya, diharapkan setiap ASN/PNS dilingkungan Pemda DIY menjadikannya sebagai acuan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, sehingga bisa terwujud pelaksanaan pembangunan daerah bebas KKN. (Snr-rb)