Berita Biro Organisasi Pemda DIY

Visitasi dan Penilaian dari Tim Juri Nominator Pelaksana Pengarasutamaan Gender (PUG) Tahun 2019

YOGYAKARTA (12/11/2019) Dalam rangka penilaian Nominator Pelaksana Pengarusutamaan Gender (PUG) Tahun 2019, Biro Organisasi Setda DIY menerima kunjungan dari TIM Juri Penilaian Pelaksanaan PUG  yang diselenggarakan pada hari Jum`at tanggal 8 Nopember 2019 bertempat di Ruang Rapat Lt 2 Biro Organisasi Setda DIY Kompleks Kepatihan Danurejan Yogyakarta.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Biro Organisasi Setda DIY Drs. YB. Jarot Budi Harjo dan Tim Visitasi dan Penilaian dari Tim Yuri Nominator (PUG) Tahun 2019 dari Pemda DIY.

Penerapan Pengarusutamaan Gender dalam cakupan tugas Biro Organisasi adalah mengintegrasikan gender menjadi satu dimensi integral dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi atas kebijakan, program, dan kegiatan.

Keberpihakan kesetaraan gender pada lima sasaran afirmative action :

  1. Perempuan;
  2. Anak;
  3. Penyandang disabilitas;
  4. Lansia;
  5. Kelompok tidak mampu/miskin.

Komitmen Pelaksanaan PUG di Biro Organisasi antara lain adalah :

  1. Penetapan Focal Point PUG pada Biro Organisasi Setda DIY melalui Keputusan Kepala Biro Organisasi Setda DIY Nomor 463/01204 tanggal 28 Mei 2019.
  2. Tugas Focal Point Pengarusutamaan Gender :
    • Mempromosikan Pengarusutamaan Gender pada Biro Organisasi Setda DIY;
    • Memfasilitasi penyusunan rencana kerja pada Biro Organisasi Setda DIY yang berspektif gender;
    • Melaksanakan pelatihan, sosialisasi, dan advokasi Pengarusutamaan Gender kepada seluruh Pejabat dan Staf di lingkungan Biro Organisasi Setda DIY;
    • Melaporkan pelaksanaan Pengarusutamaan Gender kepada Kepala Biro Organisasi Setda DIY;
    • Mendorong pelaksanaan analisis gender terhadap kebijakan, program, dan kegiatan pada Biro Organisasi Setda DIY.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas berdasarkan rincian data menunjukkan bahwa jenjang pendidikan SDM Biro Organisasi Setda DIY cukup baik. Bila data dipilah menurut tingkat pendidikan dan jenis kelamin, maka datanya menunjukkan perimbangan gender yang baik. Perimbangan gender relative berimbang pada hampir semua jenjang pendidikan.(Snr-rb)