Biro Organisasi

Sosialisasi Draf Standar Harga Barang dan Jasa Berlangsung Antusias Interaktif

Hari Senin 2 Juni 2014,  bertempat di Gedung Unit VIII Kompleks Kepatihan Jl. Malioboro Yogyakarta, Biro Organisasi Sekretariat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Sosialisasi Draf  Standar Harga Barang dan Jasa (SHBJ) untuk perencanaan 2015. Acara ini diikuti oleh lebih dari 50 peserta dari SKPD/Unit Kerja SKPD di lingkungan Pemda DIY. Kegiatan ini  merupakan wahana diskusi, konfirmasi dan masukan atas draf SHBJ agar lebih implementable ketika sudah ditetapkan sebagai aturan.

Hadir sebagai narasumber Irban Inspektorat dan Kepala Bagian Tata Laksana Biro Organisasi Setda DIY. Adapun pokok-pokok hasil pertemuan sebagai berikut:

  1. Selaku aparatur penyelenggara negara kita harus memahami berbagai bentuk perilaku maladministrasi agar tidak melakukan. Mengacu pada Undang-undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia, termasuk maladministrasi  adalah  perilaku  atau  perbuatan melawan  hukum,  melampaui  wewenang, menggunakan wewenang untuk tujuan lain dari yang menjadi  tujuan  wewenang  tersebut,  termasuk  kelalaian atau pengabaian kewajiban hukum dalam penyelenggaraan  pelayanan  publik  yang  dilakukan oleh  Penyelenggara Negara  dan  pemerintahan  yang menimbulkan kerugian materiil dan/atau immateriil bagi masyarakat dan orang perseorangan.
  2. Perlunya persamaan persepsi terhadap aturan main dalam SHBJ. Misalnya, uang taksi diberikan 1 (satu) kali setiap perjalanan dinas; bukan sebagaimana tiket pergi pulang (PP) atau uang saku per hari. Jangan sampai persepsi yang salah lalu tidak sengaja memunculkan kesalahan yang berpotensi merugikan keuangan negara.
  3. Ketentuan-ketentuan SHBJ agar dibuat rigid untuk menghindari persepsi yang keliru.
  4. Untuk realisasi pengadaan barang agar selalu dikaitkan dengan riil harga pasar, meskipun harga jenis barang tersebut sudah ditentukan di SHBJ.
  5. Sehubungan dalam perjalanan  dinas dalam daerah tidak ada komponen biaya menginap, maka untuk menghadiri acara yang lebih dari 1 (satu) hari, uang perjalanan dinas dalam daerah diberikan sesuai jumlah hari menghadiri acara, tidak ada fasilitas biaya menginap.
  6. Kebutuhan cetak/penggandaan dan peralatan rumah tangga di program 01 (Pelayanan Administrasi Perkantoran) telah distandarkan berdasarkan jumlah pegawai; sifatnya memenuhi kebutuhan rutin. Diluar kebutuhan rutin kebutuhan cetak/penggandaan dan peralatan rumah tangga dianggarkan di program 02 s/d 06 dan program-program teknis.