Artikel Berita Lain-lain Sosialisasi

Pendampingan Penyusunan Standar Kompetensi Teknis Jabatan Pelaksana

 

YOGYAKARTYA (31/03/2017). Untuk menindaklanjuti kegiatan sosialisasi penyusunan Standar Kompetensi Teknis yang telah dilaksanakan pada bulan Januari, Biro Organisasi menyelenggarakan pendampingan penyusunan Standar Kompetensi Teknis bagi Jabatan Pelaksana yang terbagi ke dalam 5 (lima) angkatan pada tanggal 21, 22,23, 24 dan 27 Maret 2017 bertempat di ruang rapat Biro Organisasi Setda DIY.

Dalam pendampingan tersebut dijelaskan panduan pengisian beberapa komponen yang dibutuhkan dalam penyusunan standar kompetensi teknis meliputi uraian tugas jabatan, unit kompetensi, elemen kompetensi, kriteria unjuk kerja dan panduan penilaian sesuai dengan lampiran formulir yang telah diberikan. Disamping itu dijelaskan pula instrumen penilaian yang terdiri pengetahuan, keterampilan, sikap kerja dan metode pengujian yang dibutuhan dari setiap jabatan.

Penyusunan Standar kompetensi teknis jabatan pelaksana ditujukan untuk semua nama jabatan pelaksana di 42 Organisasi Perangkat Daerah, untuk melengkapi dokumen standar kompetensi jabatan yang telah disusun sebelumnya. Sebagai upaya mewujudkan penataan jabatan berbasis kompetensi, Standar Kompetensi Teknis diperlukan sebagai salah satu pedoman dalam melakukan rekrutmen, pengembangan, pengangkatan dan penempatan pada suatu jabatan.