Artikel Artikel Umum Berita Biro Organisasi Instansi Pemda DIY Pemerintah Daerah Seputar Yogyakarta Seputar Yogyakarta Sosialisasi

Pemetaan Embrio Unit Kerja menuju Wilayah Bersih dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dalam rangka Pembinaan Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Pemerintah Daerah DIY

YOGYAKARTA – (27/06/2022) Bertempat di ruang rapat Biro Organisasi lantai 3, Pemerintah Daerah DIY melalui Biro Organisasi Setda DIY pada hari Senin, 27 Juni 2022 melaksanakan Rapat Pemetaan Embrio Unit Kerja menuju Wilayah Bersih dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dalam rangka Pembinaan Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Pemerintah Daerah DIY. Agenda dipimpin oleh Ibu Tuty Amalia S.H., M.Si. selaku Kepala Bagian Reformasi Birokrasi dan dihadiri oleh Beberapa Perwakilan Unit Kerja di Lingkungan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Agenda dalam pertemuan tersebut meliputi penyampaian materi yang berkaitan dengan :

  1. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 90 Tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Instansi Pemerintah. (Permen PANRB No. 90 Tahun 2021)
  2. Strategi percepatan pembangunan Zona Integritas di masing-masing Unit Kerja Potensial yang akan diusulkan untuk meraih predikat WBK/WBBM di Lingkungan Pemerintah Daerah DIY pada tahun 2023 dan 2024.
  3. Mekanisme pengajuan Unit Kerja yang akan diusulkan untuk meraih predikat WBK/WBBM di Lingkungan Pemerintah Daerah DIY.
  4. Kertas Kerja/Lembar Kerja Evaluasi yang akan digunakan untuk pengajuan predikat WBK/WBBM sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 90 Tahun 2021 serta contoh bukti dukung yang dapat digunakan.

Agenda kemudian dilanjutkan dengan agenda diskusi interaktif berupa pemetaan terhadap jenis pelayanan dan dokumen standar pelayanan, pemetaan inovasi-inovasi yang telah dilakukan ,maupun persiapan terhadap dokumen-dokumen pendukung lainnya untuk meraih predikat WBK/WBBM.

Untuk memberikan motivasi dan semangat Unit Kerja yang akan diusulkan predikat WBK/WBBM, Tim dari Biro Organisasi Setda DIY siap untuk memberikan dukungan baik secara substansi dan moril. (mrga-RB)