Biro Organisasi

MONEV KELEMBAGAAN KABUPATEN/KOTA

YOGYAKARTA (03/10/2017) –  Bulan September kemaren Pemda DIY dalam  hal ini  Biro Organisasi Setda DIY telah menyelenggarakan jadwal maraton monev   kelembagaan OPD Kabupaten/Kota se-DIY.

Idealnya, berdasarkan ketentuan  PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah,  yang ditindaklanjuti dengan Pergub DIY Nomor 62 Tahun 2016 tentang Pedoman Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten/Kota, maka penyusunan struktur organisasi pada perangkat daerah harus sesuai kerangka regulasi serta kebutuhan obyektif dan kondisi lingkungan strategis daerah berdasarkan asas: urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah; intensitas urusan pemerintahan dan potensi daerah; efisiensi; efektivitas; pembagian habis tugas; rentang kendali; tata kerja yang jelas dan fleksibilitas.

Namun demikian dalam tataran implementasinya, penyelengaraan urusan pemerintahan pada Perangkat Daerah di Kabupaten/Kota ditengarai  masih ada kemungkinan kurang terlaksana secara optimal. Maka kegiatan monev  terhadap kelembagaan Kabupaten/Kota dirasa masih diperlukan  untuk mengetahui tingkat efektivitas penyelengaraan urusan pemerintahan pada Perangkat Daerah di Kabupaten/Kota sesuai dengan kerangka regulasi, kebutuhan obyektif dan kondisi strategis daerah.

Pada pengantaran  briefing  yang disampaiakan kepada tim monev,  Kepala Biro Organisasi Setda Drs YB Jarot Budi Harjo mengatakan bahwa   keluaran  yang diharapkan dari kegiatan ini adalah dokumen profil Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten/Kota se-DIY. Harapannya dokumen profil tersebut dapat digunakan sebagai bahan tindak lanjut oleh para pemangku kepentingan. (mtn,wbs).