Artikel Berita Lain-lain Sosialisasi

HASIL EVALUASI IMPLEMENTASI BUDAYA PEMERINTAHAN TAHUN 2016

YOGYAKARTA (14/11/2016) Bertempat di Ruang Rapat Unit 9, pada hari Kamis (10/11/2016) dilaksanakan Ekspose Hasil Monitoring Dan Evaluasi (Monev) Budaya Pemerintahan tahun 2016. Pimpinan ekspose tersebut Kepala Biro Organisasi Setda DIY, Drs. YB. Jarot Budi Harjo dengan Narasumber Drs. Biwara Yuswantana, M.Si. Acara tersebut diikuti oleh seluruh SKPD yang ada di Pemerintah Daerah di DIY.

Tujuan diadakan acara ini yaitu untuk mengetahui tingkat kesadaran, tingkat kemajuan, tingkat perubahan dan tingkat kemanfaatan nilai-nilai budaya pemerintahan.

Ruang lingkup Hasil Monev ini meliputi evaluasi terhadap keberadaan Kelompok Budaya Pemerintahan (KBP) dan peran agen perubahan, Efektifitaas pelaksanaan sosialisasi dan internalisasi, Penerapan nilai-nilai budaya pemerintahan dalam kepemimpinan, Penerapan nilai-nilai budaya pemerintahan dalam pola pikir dan cara kerja, Implementasi tugas pokok dan fungsi

Drs. Biwara Yuswantana, M.Si selaku narasumber mengatakan Budaya Pemerintahan saat ini masih terjadi permasalahan yang disebabkan oleh beberapa faktor antara lain penyampaian informasi yang kurang baik, implementor yang kurang baik dan kebijakan yang kurang tepat dengan agen perubahan. Sehingga perlu adanya inovasi dan target yang sesuai dengan tujuan. Beliau menekankan, mengubah budaya berarti juga harus mengubah orang sebagai Agen Perubahan serta sistem yang ada saat ini.

Kesimpulan dari hasil Monev tersebut dimana hasil Monev budaya pemerintahan merupakan langkah strategis sebagai otokritik terhadap kemampuan OPD dalam memenuhi indikator-indikator secara komprehensif. Kesadaran tentang pentingnya budaya pemerintahan sebagai budaya kerja telah terbentuk di setiap SKPD, namun dalam pelaksanaannya perlu ditingkatkan. (FIS)