Berita Biro Organisasi Pemda DIY

FORUM PERANGKAT DAERAH BIRO ORGANISASI SETDA DIY TAHUN 2021

YOGYAKARTA (8/03/2021) Penyelenggaraan forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah dilakukan dengan mempertimbangkan urgensi, efisiensi dan efektifitas sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikan dapat diselenggarakan oleh masing-masing Perangkat Daerah atau dilaksanakan secara gabungan beberapa Perangkat Daerah dibawah koordinasi BAPPEDA.

Tujuan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah adalah:

  • Menyelaraskan program dan kegiatan Perangkat Daerah dengan  usulan program dan kegiatan hasil musrenbang kabupaten/kota.
  • Mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan Perangkat Daerah sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah;
  • Menyelaraskan program dan kegiatan antar Perangkat Daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah; dan
  • Menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing Perangkat Daerah.

Biro Organisasi Setda DIY pada hari Selasa (23/02/2021) menyelenggarakan forum OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dengan mengundang seluruh SKPD pada Pemerintah Daerah DIY, Bagian Organisasi Setda Kabupaten Kota di DIY, Tenaga Ahli, dan LSM.

Kepala Biro Organisiasi Setda DIY Drs. YB Jarot  Budi Harjo dalam pembukaan acara ini menyampaikan rencana Program dan Kegiatan pada Biro Organisasi Setda DIY tahun 2022, beserta potensi terjadinya permasalahan dan solusi terhadap permasalahan yang timbul. Narasumber dari Anggota Komisi A DPRD DIY Heri Dwi Haryono, SH dalam forum ini menyampaikan perlunya pendampingan kelembagaan Kalurahan agar dapat berjalan optimal dalam menjalankan fungsi pelayanan dan pemangku keistimewaan,  dilanjutkan narasumber dari Bappeda DIY Hari Edi Tri Wahyu Nugroho SIP.,M.Si yang menyampaikan materi tentang “ Forum Perangkat Daerah Biro Organisasi Setda DIY”.

Beberapa catatan terkait dengan diskusi dan pembahasan secara mendalam pada Forum ini adalah sebagai berikut :

  • Dalam melaksanakan analisis kelembagan sebaiknya berpedoman pada azas “Miskin Strutur Kaya Fungsi” Konsep organisasi yang dibangun pemerintah saat ini memiliki kebijakan miskin struktur dan kaya fungsi. Struktur organisasi seramping mungkin, tapi fungsinya dioptimal sehingga diperlukan jabatan-jabatan fungsional.
  • Birokrasi yang agile perlu didukung pemanfaatan teknologi informasi untuk memudahkan pelayanan internal maupun pelayanan langsung kepada masyarakat.
  • Pengawalan kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik harus terus dilakukan untuk memastikan setiap penyelenggara pelayanan mampu menghadirkan pelayanan yang baik.
  • Optimalisasi peran Lembaga Non Struktural (KPID,KIP, LO) di lingkungan Pemerintah Daerah DIY perlu terus didorong agar dapat menjadi mitra Pemerintah Daerah dalam melaksanakan Pembangunan.
  • Terkait dengan Keistimewaan DIY, agar terus dilakukan penguatan kelembagaan Kalurahan sebagai pemangku Keistimewaan.

Acara Forum Organisasi Perangkat Daerah ini diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Forum Organisasi Perangkat Daerah oleh perwakilan peserta (wbs-rb)