Seputar Yogyakarta

Forkompanda DIY Di Kabupaten Sleman

SLEMAN (29/03/2018) – Bertempat di “Bali Ndeso Kampung Flory” Tlogoadi, Mlati, Kabupaten Sleman (28/03) diselenggarakan perhelatan Forum Komunikasi Pendayagunaan Aparatur Negara Daerah (FORKOMPANDA) DIY. Forkompanda merupakan wadah dalam rangka sinergitas program dan kegiatan antara Pemda DIY dengan Kabupaten/Kota se DIY dalam Bidang Pendayagunaan Aparatur Negara Daerah. Forkompanda kali ini diselenggarakan oleh Bagian Organisasi Setda Kabupaten Sleman.

Hadir pada acara tersebut Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Bidang Administrasi Umum Arif Haryono, SH, Kepala Bagian Kelembagaan Biro Organisasi Setda DIY Drs. Noviar Rahmad, MSi serta para Kepala Bagian Organisasi Kabupaten/Kota se DIY dan jajarannya.

Dalam sambutan pembukaan Arif Haryono, SH menyambut baik terselenggaranya acara Forkompanda sebagai ajang silaturahmi antara Pemerintah Daerah DIY dengan Pemerintah Kabupaten/Kota khususnya Biro dan Bagian Organisasi Kabupaten/Kota. Disamping itu dalam acara ini juga sebagai media bertukar informasi dan koordinasi berbagai program kegiatan yang mencakup wilayah dan kewenangan baik pada tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Materi yang menjadi diskusi antara lain tentang progress Raperdais Kelembagaan Pemerintah Daerah DIY, yang nantinya akan diikuti dengan kelembagaan keistimewaan pada tingkat kabupaten/kota setelah ditetapkannya Peraturan Gubernur DIY tentang Pedoman Kelembagaan Kabupaten/Kota di DIY. Forum juga membicarakan Penilaian Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Penilaian dari Ombudsman Republik Indonesia (ORI) terkait dengan penyelenggaraan pelayanan publik di Kabupaten/Kota.

Kepala Bagian Kelembagaan Biro Organisasi Setda DIY Drs. Noviar Rahmad, MSi menyampaikan bahwa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan Keistimewaan DIY, Kabupaten/Kota diharapkan dukungannya dalam revitalisasi kelembagaan di tingkat kecamatan dan desa dengan pembentukan Kapanewon/Kemantren dan Kalurahan, sebagaimana tindak lanjut dari amanat Perdais Nomor 3 Tahun 2015 tentang Kelembagaan Pemerintah Daerah DIY.(wbs)