Berita Biro Organisasi Pemerintah Daerah Sosialisasi

Bimbingan Teknis Penyusunan Analisis Beban Kerja

YOGYAKARTA (09/04/2018) Bertempat  di Gedung Pracimosono Lt. 2 Kepatihan Danurejan Yogyakarta, telah dilaksanakan Bimbingan Teknis Analisis Beban Kerja Angkatan I pada tanggal 3 s.d 4 April 2018. Sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, bahwa setiap Instansi Pemerintah wajib menyusun kebutuhan jumlah dan jenis Jabatan Pegawai Negeri Sipil berdasarkan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja.

Pada hakekatnya melalui pelaksanaan analisis beban kerja diharapkan agar terpenuhinya tuntutan kebutuhan untuk menciptakan efektivitas dan efisiensi serta profesionalisme sumber daya manusia aparatur yang memadai pada setiap Instansi.

Bimbingan Teknis Penyusunan Analisis Beban Kerja dilaksanakan selama 2 (dua) hari dengan mengundang peserta dari 11 (sebelas) Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada hari kedua dilaksanakan praktek penyusunan Analisis Beban Kerja yang dipandu oleh Bagian Analisa dan Formasi Jabatan serta pelaksana di lingkungan Biro Organisasi Setda DIY. Beberapa materi pokok yang disampaikan dalam pengisian formulir pengukuran beban kerja meliputi uraian tugas, satuan hasil, norma waktu penyelesaian, waktu kerja efektif, beban kerja dan pegawai yang dibutuhkan. Hasil Analisis Beban Kerja pada setiap unit organisasi juga dapat dijadikan tolok ukur untuk meningkatkan produktivitas kerja serta pembinaan dan pendayagunaan aparatur negara baik dari segi kelembagaan, ketatalaksanaan maupun kepegawaian. (llk)