Nasional

Bentengi CPNS dari Penyakit Birokrasi

JAKARTA –  Hari ke delapan penyelenggaraan orientasi wawasan dan tugas (Orwastu) CPNS Kementerian PANRB menghadirkan  Wakil Menteri PANRB Eko Prasojo sebagai pemberi materi. Orwastu yang akan digelar selama 2 minggu di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur dan 1 minggu di Bumi Perkemahan Cibubur ini menghadirkan banyak pembicara berkualitas dalam bidangnya.

Eko Prasojo menyampaikan materi realita birokrasi di Indonesia pada saat ini dan apa peran Kementerian PANRB dalam mereformasi birokrasi Republik Indonesia. Wamen menceritakan masalah-masalah yang ada pada birokrasi di Indonesia saat ini.
Mengutip pendapat pakar ilmu administrasi Gerald Caiden, Guru Besar UI ini menyatakan bahwa ada sekitar 175 penyakit birokrasi (common bureaupathologies). Penyakit birokrasi ini bukan penyakit individu, tetapi systemic deseasyang bisa menular kepada pegawai negeri yang lain. “Tidak tertutup kemungkinan CPNS bisa tertular penyakit birokrasi. Seberapapun idealisnya, seseorang akan menjadi korup jika masuk ke dalam sistem yang korup,“ ujarnya Rabu (19/03).
Di depan 47  peserta Orwastu wamen menantang agar para CPNS berani menjadi nasionalis yang berjuang untuk bangsa dan Negara, bukan untuk kepentingan pribadi. Menjadi pegawai negeri sipil itu bukan hanya demi kepentingan pribadi tetapi demi kepentingan bangsa dan Negara. “Jadikan kepentingan bangsa dan negara sebagai sistem imunyang membentengi kita dari sisem yang telah korup,“ demikian Eko Prasojo berpesan.
Kegiatan Orwastu CPNS Kementerian PANRB ini masih akan berlangsung sempai dengan 21 Maret 2014 sebelum memasuki minggu terakhir dengan outdoors activity di Bumi Perkemahan Cibubur.

Menurut rencana, kegiatan ini akan menghadirkan para narasumber yang kompeten dibidangnya, seperti mantan Wakil Ketua KPK Bibit Samad Riyadi, penggiat anti korupsi Agus Condro, dari BNN mengenai strategi pemberantasan korupsi dan juga Sekretaris Menteri PANRB Tasdik Kinanto yang akan hadir menyampaikan struktur organisasi Kementerian PANRB. (sgt/HUMAS MENPANRB)

sumber: www.menpan.go.id