Pejabat
Kontak Kami
  • Komplek Kepatihan Danurejan Yogyakarta
  • Telp. 0274 562811
  • Email :
  • biro_organisasi@yahoo.com
  • orgdiy@yahoo.com
Login Petugas




Forum Terbuka

There seems to be an error with the player !

Biro Organisasi Setda DIY
Home
Biro Organisasi Setda DIY

PEMETAAN URUSAN PEMERINTAHAN DI DIY

Berita - Biro Organisasi

YOGYAKARTA (21/06/2016) -  Bertempat di Gedung Radya Suyoso KepatihanYogyakarta Pemda DIY dalam hal ini  Biro Organisasi Setda DIY menyelenggarakan kegiatan klarifikasi data pemetaan urusan pemerintahan dan penentuan beban kerja perangkat daerah Kabupaten/Kota se-DIY. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari Rabu-Jumat (15-17/06/2016) tersebut, menghadirkan Tim Verifikasi Pemetaan Urusan Pemerintahan dan P3D Kementerian Dalam Negeri serta Kementerian dan Lembaga Teknis terkait.

Dalam sambutan  Gubernur DIY yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Setda DIY Dra Kristiana Swasti MSi saat  pembukaan mengatakan, pemetaan urusan pemerintahan yang menjadi dasar tipologi kelembagaan perangkat daerah khususnya untuk Pemerintah DIY tidak dilakukan. Namun terhadap Pemerintah Kabupaten/Kota tetap dilakukan.

Kekhususan terhadap kelembagaan tersebut sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY memiliki 5 (lima) urusan Keistimewaan salah satunya urusan Kelembagaan Pemerintah Daerah. Hal ini ditegaskan pula dalam Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 399 yang menyatakan bahwa terhadap Daerah Khusus dan Daerah Istimewa ketentuan dalam Undang-Undang dimaksud diberlakukan kecuali diatur khusus dalam Undang-Undang yang mengatur tentang kekhususan dan keistimewaan.

Terkait hal tersebut Pemda DIY bersama DPRD DIY telah menetapkan Kelembagaan Pemda DIY melalui Perdais Nomor 3 Tahun 2015 tentang Kelembagaan Pemda DIY, dan seluruh jabatan terhadap kelembagaan dimaksud telah dilantik.

Sedangkan pada akhir kegiatan Kepala Biro Organisasi Setda Drs YB Jarot Budi Harjo bersyukur, kegiatan yang berlangsung secara maraton tiga hari  tersebut berhasil  menyelesaikan pemetaan seluruh urusan pemerintahan Kabupaten/ Kota meliputi 32  (tiga puluh dua) urusan pemerintahan dan 9 (sembilan) SKPD penunjang. “ Berita acara hasil pemetaan kami pastikan ditanda-tangani oleh Kementrian Dalam Negeri, Kementrian dan Lembaga Teknis terkait, Perwakilan Pemda DIY dalam hal ini Kepala Biro Organisasi Setda DIY serta Kepala Bagian Organisasi masing-masing Kabupaten/Kota” imbuhnya.(why/bws/mtn)

 

 

Forum Komunikasi Pendayagunaan Aparatur Negara Daerah (FORKOMPANDA)

Berita - Biro Organisasi

 

 

YOGYAKARTA (02/06/2016 - Forkompanda merupakan wadah dalam rangka sinergitas program dan kegiatan antara Pemda DIY dengan Kabupaten/kota se DIY dalam Bidang Pendayagunaan Aparatur Negara Daerah. Forkompanda pada 1 Juni Tahun 2016 dilaksanakan oleh Bagian Organisasi Setda Kabupaten Sleman bertempat di Rumah Petroek, Pakem, Kaliurang, Sleman, dengan narasumber Kabag Kelembagaan Biro Organisasi Setda DIY Drs. Noviar Rahmad, M.Si serta para Kepala Bagian Organisasi Kabupaten/Kota se DIY.

Materi yang menjadi diskusi antara lain disampaikan oleh Kabag Kelembagaan bahwa Biro Organisasi Setda DIY saat ini sedang dalam proses fasilitasi pemetaan urusan ke Kabupaten/Kota dengan harapan agar terjadi kesamaan persepsi dalam meng-input data variabel teknis masing-masing urusan. Disampaikan pula terkait fasilitasi pembentukan Dinas Kebudayaan di Kabupaten/Kota terutama Kabupaten Bantul yang sedang dalam proses konsultasi. Materi lain yang menjadi diskusi adalah terkait pakaian dinas yang diharapkan oleh Kabupaten/Kota segera terbit Peraturan Gubernurnya. Di samping itu beberapa materi diskusi lainnya yaitu mengenai surat edaran DPP KORPRI pusat terkait pembentukan Sekretariat KORPRI. (klb/ww)

 

 

 

PENERIMAAN KUNJUNGAN KERJA PEMERINTAH KOTA PAGAR ALAM

Berita - Biro Organisasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

YOGYAKARTA (01/06/2016) – Bertempat di Ruang Rapat Lantai 3 Biro Organisasi Setda DIY, Hari Rabu tanggal 1 Juni 2016 pukul 09.00 WIB telah berlangsung penerimaan kunjungan dari Pemerintah Kota Pagar Alam. Rombongan dipimpin oleh Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs. H. Syaprani. Maksud dan tujuan berkunjung ke Pemda DIY dalam rangka mencari informasi terkait implementasi Analisa Stadar Belanja (ASB) dalam perencanaan anggaran di Pemda DIY. Tamu diterima oleh Kepala Biro Organisasi Setda DIY, yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bagian Tata Laksana, Dra. Deden Rokhanawati, didampingi oleh Kepala Sub Bagian Standarisasi, Drs. Haris Iskandar, beserta staf Sub Bagian Standarisasi.

Disampaikan Kepala Bagian Tata Laksana dalam kesempatan tersebut mengenai penyusunan ASB tahun 2016 masih belum final dikarenakan terdapat perubahan kebijakan dalam perencanaan daerah, yakni pengkristalan kegiatan menurut prioritas pembangunan. Konsekuensi dari perubahan tersebut, desain ASB dirancang berbasis pada program. Pembahasan teknis penyusunan ASB kemudian dipaparkan mulai dari awal penerapan ASB dalam perencanaan anggaran di Pemda DIY, pendekatan yang dipakai dalam penyusunannya, dan kedudukan ASB dalam rangkaian proses perencanaan anggaran SKPD di lingkungan Pemda DIY. Acara ditutup dengan sesi diskusi dan saling tukar cinderamata antara Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Pagar Alam dan Kepala Bagian Tata Laksana Biro Organisasi Setda DIY. (fandi)

 

 

Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini30
mod_vvisit_counterKemarin1185
mod_vvisit_counterMinggu ini2814
mod_vvisit_counterMinggu kemarin11053
mod_vvisit_counterBulan ini38706
mod_vvisit_counterBulan kemarin74452
mod_vvisit_counterTotal Kunjungan500262

Tanya Jawab

Apakah anda suka informasi yang kami berikan?
 

Link Terkait

Kemenpan dan RB
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi



Kemendagri
Kementerian Dalam Negeri


LAN
Lembaga Administrasi Negara

BKN
Badan Kepegawaian Negara

Setneg
Sekretariat Negara


DPPKA DIY
Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan & Aset DIY


Bappeda DIY
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DIY

Biro Hukum Setda DIY

 

 

 

Bantuan Teknis

Online User

Online User