Pejabat
Kontak Kami
  • Komplek Kepatihan Danurejan Yogyakarta
  • Telp. 0274 562811
  • Email :
  • biro_organisasi@yahoo.com
  • orgdiy@yahoo.com
Login Petugas




Forum Terbuka

There seems to be an error with the player !

Biro Organisasi Setda DIY
Home
Biro Organisasi Setda DIY

PENERIMAAN KUNJUNGAN KERJA PEMPROV RIAU

YOGYAKARTA (19/05/2016) - Biro Organisasi Sekretariat Daerah DIY pada tangal 19 Mei 2016 menerima kunjungan kerja dari Biro Organisasi Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Riau. Kunjungan kerja dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan beserta 15 anggota rombongan. Kunjungan kerja tersebut dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur serta bertukar wawasan terkait ketugasan pada Biro Organisasi.

Kunjungan kerja diterima oleh Bapak Kepala Biro Organisasi didampingi oleh pejabat struktural di lingkungan Biro Organisasi. Dijelaskan oleh Kepala Biro Organisasi Drs. YB Jarot Budi Harjo, bahwa Biro Organisasi Setda DIY sebagai unsur staf yang membantu Sekretaris Daerah dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan di bidang kelembagaan, tatalaksana dan analisis formasi jabatan. Dalam upaya mewujudkan visi dan misi Pemerintah Daerah DIY lima tahun mendatang sesuai prioritas pembangunan daerah dan mempertimbangkan permasalahan serta isu strategis yang relevan, maka visi Biro Organisasi Setda DIY dalam kurun waktu 2012-2017 adalah menjadi institusi pendorong terwujudnya tujuan Keistimewaan DIY melalui peningkatan kualitas Kelembagaan, Ketatalaksanaan dan Analisa Jabatan Aparatur Pemerintah Daerah. Visi dan Misi tersebut diwujudkan melalui strategi Penataan kelembagaan, penataan ketatalaksanaan, penguatan analisis jabatan dan pengembangan kinerja jabatan, pemantapan budaya pemerintahan, dan pembinaan dan pengendalian kelembagaan Kab/Kota. Acara dilanjutkan diskusi dan ditutup dengan pertukaran cinderamata.(klb/ww)

 

 

SOSIALISASI DAN INTERNALISASI BUDAYA PEMERINTAHAN SATRIYA

Berita - Biro Organisasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

YOGYAKARTA (19/05/2016) - Pemerintah Daerah DIY melalui Biro Organisasi Setda DIY melaksanakan sosialisasi dan internalisasi budaya pemerintahan DIY yang dikenal dengan akronim “SATRIYA”. Bagi Pemda DIY “SATRIYA” mengandung makna Selaras, Akal budi luhur, Teladan, Rela melayani, Inovatif, Yakin dan percaya diri dan Ahli profesional sebagaimana filosofi Hamemayu Hayuning Bawana.

Budaya pemerintahan SATRIYA telah diatur dengan Peraturan Gubernur DIY nomor 72 tahun 2008 tentang Budaya Pemerintahan di DIY.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara maraton di semua Kabuputen/ Kota  se-DIY. Tujuan perhelatan ini  untuk menginternalisasikan nilai yang terkandung budaya pemerintahan SATRIYA menjadi pedoman dan acuan dalam pola pikir, sikap dan baik dalam tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari perilaku bagi aparatur di lingkungan Pemerintah Daerah DIY maupun di Kabupaten/Kota.

Mertindak sebagai narasumber  Kepala Biro Organisasi Setda DIY Drs YB Jarot Budi Harjo menyampaikan materi ”Kebijakan pengembangan budaya pemerintahan di DIY”, wakil Ketua DPRD DIY Arif Noor Hartanto SIP menyampaikan materi ”Membangun kinerja birokrasi dengan budaya pemerintahan SATRIYA” dan dosen Universitas Gajah Mada Dra Ambar Teguh Sulistiani Msi menyampaikan materi “Implementasi watak nilai-nilai budaya pemerintahan SATRIYA dalam sikap dan perilaku aparatur di DIY”.

Jadwal pelaksanaan sosialisasi: Kota Yogyakarta Rabu(20/04), Kabupaten Sleman(21,25/04), Kabupaten Kulon Progo(27,28/04), Kabupaten Bantul(11,12/05) dan terakhir sedang berlangsung di Kabupaten Gunungkidul(18,19/05)

Kepala Biro Organisasi Setda DIY Drs YB Jarot Budi Harjo menekankan internalisasi budaya  pemerintahan dapat secara nyata mewujudkan aparatur pemerintah yang profesional dengan karakter adaptif, berintegritas, berkinerja tinggi, bersih dan bebas KKN, mampu melayani publik, sejahtera, berdedikasi serta memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara.(wbs/mtn)

 

 

PENDAMPINGAN PEMETAAN URUSAN KABUPATEN/KOTA

Berita - Biro Organisasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

YOGYAKARTA (11/05/2016)  Dalam rangka  untuk menentukan tipologi kelembagaan daerah sebagaimana  amanat UU 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah (pasal 211),  Pemerintah Daerah DIY melalui Biro Organisasi Setda DIY melakukan fasilitasi kelembagaan khususnya pendampingan pemetaan urusan. Hingga saat ini pendampingan telah dilakukakan di Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Bantul,  sehingga masih terdapat 3  Kabupaten/Kota se-DIY yang menjadi target  yang harus dirampungkan Biro Organisasi Setda DIY.

Pendampingan Kapupaten Gunungkidul, Rabu(27/04) diikuti 32 Orang  peserta berasal dari masing-masing SKPD mewakili semua urusan se-Kabupaten Gunungkidul. Tim yang dipimpin Kabag Kelembagaan Biro Organisasi Drs Noviar Rahmad MSi,  melakukan asistensi secara serentak yang dipusatkan di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Gunungkidul. Sedangkan kegiatan yang sama di Kabupaten Bantul telah pula dilaksanakan Selasa(10/05) tim dipimpin Kepala  Biro Organisasi Setda DIY Drs YB Jarot Budi Harjo, diikuti peserta segenap SKPD mewakili semua urusan se-Kabupaten Bantul.

Dalam arahannya Kepala  Biro Organisasi Setda DIY Drs YB Jarot Budi Harjo mengutarakan, fasilitasi dalam bentuk pendampingan pemetaan urusan  yang dilakukan Pemda DIY berfokus pada verifikasi data urusan riil yang menjadi kewenangan Kabupaten/Kota. Harapannya dikemudian hari   tipologi masing-masing lembaga sesuai dengan kebutuhan, sehingga kinerjanya bisa optimal.(wbs/mtn)

 

 

Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini799
mod_vvisit_counterKemarin973
mod_vvisit_counterMinggu ini6856
mod_vvisit_counterMinggu kemarin13370
mod_vvisit_counterBulan ini47778
mod_vvisit_counterBulan kemarin35544
mod_vvisit_counterTotal Kunjungan434882

Tanya Jawab

Apakah anda suka informasi yang kami berikan?
 

Link Terkait

Kemenpan dan RB
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi



Kemendagri
Kementerian Dalam Negeri


LAN
Lembaga Administrasi Negara

BKN
Badan Kepegawaian Negara

Setneg
Sekretariat Negara


DPPKA DIY
Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan & Aset DIY


Bappeda DIY
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DIY

Biro Hukum Setda DIY

 

 

 

Bantuan Teknis

Online User

Online User