Pejabat
Kontak Kami
  • Komplek Kepatihan Danurejan Yogyakarta
  • Telp. 0274 562811
  • Email :
  • biro_organisasi@yahoo.com
  • orgdiy@yahoo.com
Login Petugas




Forum Terbuka

There seems to be an error with the player !

Biro Organisasi Setda DIY
Home
Biro Organisasi Setda DIY

Pemerintah Resmi Tetapkan 23 Juni Menjadi Cuti Bersama Lebaran

Berita - Nasional

Dalam rangka mewujudkan efektifitas dan efisiensi hari kerja bagi para Aparatur Sipil Negara serta untuk memberikan pedoman bagi seluruh instansi pemerintah dalam pelaksanaan cuti bersama tahun 2017, Pemerintah secara resmi telah menerbitkan Keputusan Presiden RI No.18 Tahun 2017 tentang Cuti Bersama 2017 pada 15 Juni 2017.

Dalam keputusan tersebut, Pemerintah telah menetapkan cuti bersama tahun 2017 yaitu pada tanggal 23, 27, 28, 29 dan 30 Juni 2017 ( Jumat, Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat ) sebagai cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, dan tanggal 26 Desember 2017 (Selasa) sebagai cuti bersama Hari Raya Natal.

Selain itu, dalam keputusan ini dijelaskan bahwa cuti Bersama yang dimaksud dalam Keppres No.18/2017 ini tidak mengurangi hak cuti tahunan bagi para Pegawai Negeri Sipil. Dengan terbitnya Keppres ini diharapkan dapat menjadi acuan serta pedoman bagi seluruh instansi pemerintah di Indonesia dalam pelaksanaan cuti bersama tahun 2018.

Sumber : (arl/Humas MenPANRB)

 

PILOT PROYEK KELEMBAGAAN ISTIMEWA KECAMATAN DAN DESA

Berita - Biro Organisasi

 

YOGYAKARTA (13/06/2017) -  Bertempat di Ruang Rapat Biro Organisasi Kepatihan  Yogyakarta Pemda DIY dalam hal ini diampu oleh Biro Organisasi Setda DIY, menyelenggarakan rakor membahas  pilot proyek  kelembagaan istimewa Kecamatan dan Desa di DIY. Prototip struktur organisasi, nomenklatur, tugas dan fungsi Kecamatan dan Desa yang sedang dirancang tersebut nantinya akan diterapkan pula pada semua Kecamatan dan Desa  se-DIY.

Sebagaimana kesimpulan rakor  para Sekretaris Daerah Kabupaten/kotase-DIY dihadapan PLT Sekretaris Daerah DIY Ir Rani Sjamsinarsi MT yang dilaksanakan Rabu (31/05/17) yang lalu, Kecamatan Wates  Kulon Progo, Kecamatan Kraton Yogyakarta dan Desa Donoharjo Sleman ditetapkan sebagai  pilot proyek  kelembagaan.

Rakor diikuti para Kabag Organisasi Kabupaten/Kota se-DIY  dan bertindak sebagai pimpinan rakor Kepala Biro Organisasi Setda DIY DIY Drs YB Jarot Budiharjo. Dalam arahannya Kepala Biro Organisasi  mengatakan, dengan kelembagaan istimewa di DIY hingga tingkat Kecamatan dan  Desa  yang dipayungi Undang-Undang Keistimewaan DIY, nantinya diharapkan akan membuka jalan alir bagi dana keistimewaan ( danais) hingga ke tingkat Desa, yang bermuara pada peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat hingga tingkat paling bawah.

Dalam rakor juga dirancang keselarasan  hubungan kelembagaan istimewa antara Pemda DIY, Pemda Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa dengan mempertimbangkan pemerintahan asli Yogyakarta. (bws,mtn)

 

Kita Indonesia, Kita Pancasila

Berita - Biro Organisasi

Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017 di lingkungan Pemerintah Daerah DIY dilaksanakan dengan pelaksanaan upacara bendera di komplek Kepatihan. Upacara tersebut diikuti dengan khidmat  oleh perwakilan dari seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Dalam upacara tersebut, disampaikan sambutan Presiden Republik Indonesia dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 – 1 Juni 2017. Dalam sambutan tersebut, disampaikan bahwa Pancasila merupakan hasil dari rangkaian proses panjang dan hasil olah pikir para pendiri bangsa, ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara yang mencerminkan jati diri bangsa Indonesia. Dimulai dengan pencetusan nama Pancasila pertama kali pada pidato tanggal 1 Juni 1945 oleh Presiden Indonesia Ir. Soekarno, Piagam Jakarta yang berlangsung pada tanggal 22 Juni 1945 hingga rumusan final pada tanggal 18 Agustus 1945. Presiden melalui sambutannya juga mengingatkan bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Namun, perwujudan nilai-nilai kebhinekaan di Indonesia saat ini sedang diuji dengan adanya sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila yang diperparah dengan penyalahgunaan media sosial dengan menggaungkan kabar bohong (hoax).

Guna memperkuat komitmen Pemerintah dalam Penguatan Pancasila, Presiden Republik Indonesia telah mengundangkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila yang ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program-program pembangunan. Pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya, menjadi bagian integral dalam pengamalan Pancasila.

Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila.

Sumber :

Sambutan Presiden Republik Indonesia dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 - 1 Juni 2017


 

Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini229
mod_vvisit_counterKemarin524
mod_vvisit_counterMinggu ini1639
mod_vvisit_counterMinggu kemarin632
mod_vvisit_counterBulan ini4835
mod_vvisit_counterBulan kemarin26290
mod_vvisit_counterTotal Kunjungan661854

Tanya Jawab

Apakah anda suka informasi yang kami berikan?
 

Link Terkait

Kemenpan dan RB
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi



Kemendagri
Kementerian Dalam Negeri


LAN
Lembaga Administrasi Negara

BKN
Badan Kepegawaian Negara

Setneg
Sekretariat Negara


DPPKA DIY
Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan & Aset DIY


Bappeda DIY
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DIY

Biro Hukum Setda DIY

 

 

 

Bantuan Teknis

Online User

Online User