Pejabat
Kontak Kami
  • Komplek Kepatihan Danurejan Yogyakarta
  • Telp. 0274 562811
  • Email :
  • biro_organisasi@yahoo.com
  • orgdiy@yahoo.com
Login Petugas



Forum Terbuka

There seems to be an error with the player !

Biro Organisasi Setda DIY
Home
Biro Organisasi Setda DIY

Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat 2014

Artikel - Artikel Umum

FARIQ 12.00

Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} table.MsoTableGrid {mso-style-name:"Table Grid"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-priority:59; mso-style-unhide:no; border:solid black 1.0pt; mso-border-themecolor:text1; mso-border-alt:solid black .5pt; mso-border-themecolor:text1; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-border-insideh:.5pt solid black; mso-border-insideh-themecolor:text1; mso-border-insidev:.5pt solid black; mso-border-insidev-themecolor:text1; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;}

Dasar Hukum :

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 25 tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat.

Survei IKM Tahun 2014 dilaksanakan oleh Konsultan pada 63 (Enam Puluh tiga) UPTD di 15 (Lima Belas ) SKPD yaitu :

1. Badan Kepegawaian Daerah sejumlah 1 SKPD

2. Badan Kerjasama dan Penanaman Modal Sejumlah 1 SKPD

3. Dinas Pertanian Sejumlah 5 SKPD

4. Dinas Kelautan dan Perikanan Sejumlah 2 SKPD

5. Dinas Kehutanan dan Perkebunan Sejumlah 3 SKPD

6. Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga sejumlah 21 SKPD

7. Dinas Kebudayaan sejumlah 2 SKPD

8. Dinas Sosial sejumlah 7 SKPD

9. Dinas Kesehatan sejumlah 4 SKPD

10. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi sejumlah 2 SKPD

11. Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumber Daya Mineral sejumlah 2 SKPD

12. Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika sejumlah 3 SKPD

13. Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah sejumlah 3 SKPD

14. Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset sejumlah 5 SKPD

15. Rumah Sakit Ghrasi

Aspek yang dinilai :

1. Prosedur Pelayanan,

2. Persyaratan Pelayanan,

3. Kejelasan petugas pelayanan

4. Kedisiplinan petugas pelayanan

5. Tanggung jawab petugas pelayanan

6. Kemampuan petugas pelayanan

7. Kecepatan pelayanan

8. Keadilan mendapatkan pelayanan

9. Kesopanan dan keramahan petugas

10. Kewajaran biaya pelayanan

11. Kepastian biaya pelayanan

12. Kepastian jadwal pelayanan

13. Kenyamanan lingkungan

14. Keamanan pelayanan

Hasil Survey IKM di beberapa UPTD :

1. Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai

Nilai IKM 76,76 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Tanggung jawab petugas dan keadilan dalam mendapatkan pelayanan

Nilai Terendah : Kejelasan petugas pelayanan

2. Gerai Pelayanan Perizinan Terpadu

Nilai IKM 82,23 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Kepastian biaya palayanan dan kenyamanan lingkungan

Nilai Terendah : Kecapatan Pelayanan

3. BPSBP Daerah Istimewa Yogyakarta

Nilai IKM 74,49 dengan Kinerja Baik

Nilai Unsur Tertinggi : Kedisiplinan petugas

Nilai Unsur Terendah : Tanggung jawab petugas

4. Balai Pengembangan Bibit, Pakan Ternak dan Diagnostig Kehewanan

Nilai IKM 73,64 dengan Kinerja Baik

Nilai Unsur Tertinggi : Kemampuan petugas pelayanan

Nilai Unsur Terendah : Tanggung jawab petugas

5. Balai Proteksi Tanaman Pertanian

Nilai IKM 73,78 dengan Kinerja Baik

Nilai Unsur Tertinggi : Kemampuan petugas pelayanan

Nilai Unsur Terendah : Kesopanan dan Keramahan Petugas dan kenyamanan lingkungan

6. Balai Pengembangan Teknologi Kelautan Dan Perikanan

Nilai IKM 75,5 dengan Kinerja Baik

Nilai unsur Tertinggi : Kecepatan Pelayanan

Nilai unsur rendah : Kemampuan Petugas Pelayanan dalam melayani

7. PELABUHAN PERIKANAN PANTAI (PPI)

Nilai IKM 75,97 dengan Mutu Baik

Nilai unsur Tertinggi : Tanggung jawab petugas pelayanan, keamanan dan kenyamanan pelayanan

Nilai Unsur Rendah : Kedislipinan petugas pelayanan

8. Balai Pengembangan Perbenihan dan Percontohan Kehutanan dan Perkebunan

Nilai IKM 74,08 dengan Kinerja Baik

Nilai Unsur tertinggi : Kesopanan dan Keramahan Petugas

Nilai Unsur Terendah : Prosedur Pelayanan

9. Balai Sertifikasi Pengawasan Mutu Benih Dan Proteksi Tanaman Kehutanan Dan Perkebunan

Nilai IKM 74,08 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Kesopanan dan Keramahan Petugas

Nilai Terendah : Prosedur Pelayanan

10. Balai Latihan Pendidikan Teknik

Nilai IKM 75,26 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Tanggung jawab petugas dan keramahan petugas

Nilai Terendah : Prosedur Pelayanan

11. Balai Pengembangan Kegiatan Belajar

Nilai IKM 70,89 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Keadilan, kewajaran biaya dan kenyamanan lingkungan

Nilai Terendah : kecepatan pelayanan

12. Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan

Nilai IKM 76,63 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Kejelasan Petugas

Nilai Terendah : Kepastian jadwal dan kenyamanan lingkungan

13. Balai Pemuda Dan Olah Raga (Balai PORA)

Nilai IKM 70,76 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Kenyamanan Lingkungan

Nilai Terendah : Prosedur Pelayanan

14. TAMAN BUDAYA

Nilai IKM 71,88 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Kewajaran Biaya

Nilai Terendah : Kepastian Jadwal

15. MUSEUM SONOBUDOYO

Nilai IKM 72,51 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Kewajaran Biaya

Nilai Terendah : Kesopanan dan Keramahan Petugas

16. Panti Sosial Karya Wanita

Nilai IKM 73,98 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Prosedur Pelayanan

Nilai Terendah : Keadilan Pelayanan

17. PSBK (Panti Sosial Bina Karya)

Nilai IKM 75,01 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Keamanan Pelayanan

Nilai Terendah : Kenyamanan Lingkungan

18. Panti Sosial Bina Remaja

Nilai IKM 71,06 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Kewajaran Biaya

Nilai Terendah : Kecepatan Pelayanan

19. Panti Sosial Asuhan Anak

Nilai IKM 67,66 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Kenyamanan Lingkungan

Nilai Terendah : Kepastian Jadwal Pelayanan

20. Panti Sosial Tresna Wreda

Nilai IKM 80.72 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Kedisiplinan Petugas, kemampuan petugas,

Nilai Terendah : Prosedur Pelayanan

21. Balai RESPIRA

Nilai IKM 77 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Kesopanan dan Keramahan Petugas

Nilai Terendah : Kedisiplinan Petugas

22. Laboratorium Kesehatan

Nilai IKM 79.65 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Persyaratan Pelayanan dan Kepastian Biaya

Nilai Terendah : Kepastian Jadwal

23. Balai Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial

Nilai IKM 71,51 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Kesopanan dan Keramahan Petugas

Nilai Terendah : Kepastian jadwal pelayanan

24. Balai Latihan Kerja Dan Pengembangan Produktivitas

Nilai IKM 62,94 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Kesopanan dan Keramahan Petugas, kemampuan petugas, kewajaran biaya

Nilai Terendah : kejelasan petugas pelayanan

25. Balai Hiperkes Dan Keselamatan Kerja

Nilai IKM 70,72 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Keadilan Pelayanan, Kewajaran Biaya dan Kenyamanan

Nilai Terendah : Persyaratan Pelayanan dan Kesopanan

26. BADAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR

Nilai IKM 74,30 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Kesopanan dan Keramahan Petugas

Nilai Terendah : Kepastian Biaya

27. Balai PIPBPJK

Nilai IKM 74,63 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Kemanan Pelayanan

Nilai Terendah : Tanggung Jawab Petugas

28. Trans Jogja

Nilai IKM 71,34 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Kewajaran Biaya

Nilai Terendah : Kenyamanan Lingkungan

29. Unit Pengendalian LLAJ

Nilai IKM 74,48 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Tanggung jawab petugas dan kemanan peyanan

30. Plaza Informasi DIY

Nilai IKM 76,01 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Kesopanan dan Keramahan Petugas dan keamanan Pelayanan

Nilai Terendah : Prosedur Pelayanan

31. Balai Metrologi

Nilai IKM 69,62 dengan Kinerja Baik

Nilai Tertinggi : Kewajaran Biaya

Nilai Terendah : Kesopanan Petugas dan Kepastian Jadwal Pelayanan

Dari hasil pelaksanaan survei IKM sebanyak 63 Unit Pelayanan diperoleh sebanyak 3 Unit Pelayanan dengan Kinerja Sangat Baik dan sebanyak 60 Unit Pelayanan dengan Kinerja Baik.

Unit Pelayanan dengan nilai sangat baik adalah :

¾ Gerai Pelayanan Perijinan Terpadu

¾ Kantor Pelayanan Pajak Daerah Kota Yogyakarta

¾ SLB N 1 Gunung Kidul

 

Kebugaran dan Produktifitas Pegawai

Artikel - Artikel Umum

Mens sana in corpore sano, begitulah ungkapan dalam bahasa Latin yang maknanya kurang lebih “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Jika sebagian diantara kita masih ada yang berpendapat bahwa bekerja sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil itu enak, santai, digaji banyak itulah cambuk penyemangat untuk lebih giat dan produktif dalam bekerja. Tuntutan saat ini dan ke depan nampaknya tidak memungkinkan lagi kita bekerja dalam irama yang lambat, semampunya, tanpa target yang jelas.

Lantas apa hubungannya dengan kebugaran kita? Hubungannya sangat jelas, tantangan birokrasi ke depan memunculkan tekanan, mengharuskan gerak cepat, memerlukan mobilitas tinggi, siap melaksanakan tugas kapanpun diperlukan. Oleh karena itu membutuhkan pribadi-pribadi tahan banting, dan pribadi tahan banting itu dapat kita miliki kalau kita bugar. Kebugaran menurut Prof. Sutarman adalah kondisi fisik yang memberi kesanggupan untuk dapat menjalani hidup yang produktif dan dapat menyesuaikan diri pada tiap-tiap pembebanan fisik (physical stress).

Selanjutnya...

 

ANALISIS JABATAN ITU MUDAH (3 M). MENYUSUN, MEMAHAMI, MEMANFAATKAN) URAIAN TUGAS JABATAN

Artikel - Artikel Umum

Pada satu instansi/SKPD, masing-masing pegawai tentu memiliki jabatan yang berbeda-beda. Tiap instansi /SKPD  juga memiliki visi, misi, serta tujuan masing-masing. Oleh karenanya, sebagai pegawai, penting untuk mengetahui visi, misi serta tugas dan fungsi masing-masing instansi/SKPD/UKSKPD secara baik.

Asumsinya apabila masing-masing pegawai dapat  menyusun serta  memahami struktur organisasi dengan baik, maka diyakini pula  bisa menyusun uraian tugas jabatan yang baik pula, sehingga akan sangat membantu  dalam aktifitas tugas dan fungsi instansi/SKPD, untuk mencapai tujuan.

Masing-masing pegawai tentu memiliki tanggung jawab, peran, serta aktivitas yang berbeda-beda. Untuk mengetahui mengenai apa saja tanggung jawab, peran, serta aktivitas yang harus dilakukan oleh pegawai, perlu diadakan suatu analisis  jabatan atau job analysis.

 

Analisis jabatan bertujuan untuk mengumpulkan serta mengkategorikan segala data jabatan secara komprehensif/menyeluruh dan mengolah menjadi informasi jabatan pada instansi/SKPD  untuk program-program kelembagaan, kepegawaian, serta ketatalaksanaan dan sebagainya. Adapun  kegunaan/manfaat uraian jabatan berbeda-beda untuk setiap tingkatan jabatan dalam berkontribusi pada instansi/SKPD/UKSKPD. Kegunaan/ manfaat dari menyusun uraian tugas  jabatan atau job description diantaranya:

Selanjutnya...

 

Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini72
mod_vvisit_counterKemarin117
mod_vvisit_counterMinggu ini72
mod_vvisit_counterMinggu kemarin2153
mod_vvisit_counterBulan ini5449
mod_vvisit_counterBulan kemarin6581
mod_vvisit_counterTotal Kunjungan121797

Tanya Jawab

Apakah anda suka informasi yang kami berikan?
 

Link Terkait

Kemenpan dan RB
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi



Kemendagri
Kementerian Dalam Negeri


LAN
Lembaga Administrasi Negara

BKN
Badan Kepegawaian Negara

Setneg
Sekretariat Negara


DPPKA DIY
Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan & Aset DIY


Bappeda DIY
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DIY

Biro Hukum Setda DIY

 

 

 

Bantuan Teknis

Online User

Online User