Pejabat
Kontak Kami
  • Komplek Kepatihan Danurejan Yogyakarta
  • Telp. 0274 562811
  • Email :
  • biro_organisasi@yahoo.com
  • orgdiy@yahoo.com
Login Petugas




Forum Terbuka

There seems to be an error with the player !

Biro Organisasi Setda DIY
Home
Biro Organisasi Setda DIY

GUBERNUR DIY DORONG KELEMBAGAAN ISTIMEWA KABUPATEN/KOTA

Berita - Biro Organisasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

YOGYAKARTA (29/09/2016) – Bertempat di Biro Organisasi Setda DIY Rabu(28/09), Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang diwakili Asisten Administrasi Umum Dra Kristiana Swasti Msi telah menyetujui Rancangan Peraturan Daerah Kota Yogyakarta tentang organisasi perangkat daerah. Hal tersebut sesuai amanat pasal 3 Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah, dimana gubernur sebagai wakil pemerintah pusat memiliki kewenangan persetujuan atas raperda tentang perangkat daerah kabupaten/kota.

Dra Kristiana Swasti Msi  mengatakan Gubernur DIY mendorong terbentuknya Dinas Kebudayaan serta Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten/ Kota. Hal tersebut dimaksudkan untuk  sinkronisasi kelembagaan antara Pemda DIY dengan Pemerintah Kabupaten/Kota guna memperkuat implementasi keistimewaan DIY.

Kepala Biro Organisasi Setda DIY Drs YB Jarot Budi Harjo mengatakan pembahasan 4 raperda Kabupaten tentang kelembagaan telah selesai beberapa hari yang lalu, menyusul saat ini segera proses  pengajuan persetujuan Gubernur DIY terhadap raperda kota Yogyakarta yang telah dibahas tim kelembagaan yang diselenggarakan oleh Biro Organisasi Setda DIY.

Drs YB Jarot Budi Harjo menambahkan, harapannya akhir September ini prosesnya segera tuntas. Hai ini terkait penataan kelembagaan diharapkan segera rampung akhir tahun ini. (bws,mtn)

 

 

ASISTENSI AGEN PERUBAHAN BUDAYA PEMERINTAHAN SATRIYA

Berita - Biro Organisasi

YOGYAKARTA (21/09/2016) -  Bertempat di Gedung  Unit VIII Kepatihan Yogyakarta Senin dan Selasa(20-21/09), Pemerintah Daerah DIY melalui Biro Organisasi Setda DIY melaksanakan aistensi agen perubahan budaya pemerintahan DIY yang dikenal dengan akronim “SATRIYA”. Bagi Pemda DIY “SATRIYA” mengandung makna Selaras, Akal budi luhur, Teladan, Rela melayani, Inovatif, Yakin dan percaya diri dan Ahli profesional sebagaimana filosofi Hamemayu Hayuning Bawana. Budaya pemerintahan SATRIYA telah diatur dengan Peraturan Gubernur DIY nomor 72 tahun 2008 tentang Budaya Pemerintahan di DIY.

Bertindak sebagai narasumber Kepala Bappeda DIY Drs Tavip Agus Rayanto Msi dan Kepala Biro Organisasi Setda DIY Drs YB Jarot Budi Harjo.

Kepala Biro Organisasi Setda DIY Drs YB Jarot Budi Harjo memaparkan bahwa pola pikir (mindset) dan budaya kerja (cultureset) belum sepenuhnya mendukung birokrasi yg efektif, efisien, produktif, profesional, serta relatif belum berorientasi pencapaian kinerja sasaran yang lebih baik.Untuk itu strategi yang harus dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi adalah dengan mengubah pola pikir (mind set) dan budaya kerja (culture set) aparatur, membangun dan menanamkan budaya kerja yang prima, serta mewujudkan iklim kerja yang berorientasi pada etos kerja dan produktifitas yang tinggi, meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi, dan akuntabilitas pelaksanaan tugas.

Drs YB Jarot Budi Harjo menambahkan, salah satu sasaran reformasi birokrasi adalah meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi yang diwujudkan dengan aparatur pemerintah yang profesional dengan karakter adaptif, berintegritas, berkinerja tinggi, bersih dan bebas KKN, mampu melayani publik, sejahtera, berdedikasi serta memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara.

Sedangkan Kepala Bappeda DIY Drs Tavip Agus Rayanto Msi menekankan beberapa upaya internalisasi budaya ‘SATRIYA’ dalam pola perilaku aparat di lingkungan Pemda DIY diantaranya dengan menerapkan Budaya Satriya bisa dimulai dari : diri sendiri, dari hal yang kecil/sederhana, dan dilakukan saat ini. Agen perubahan harus ditumbuhkan dalam setiap insan dalam institusi Pemda DIY melalui penguatan kelompok budaya pemerintahan. Melalui kelompok budaya pemerintahan yang berjiwa SATRIYA, maka proses reformasi birokrasi diharapkan bisa dilakukan lebih cepat dan lebih berkualitas. Budaya SATRIYA akan mendorong pencapaian output yang berkualitas mendukung pencapaian outcame dan mendukung terwujudnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi yang diharapkan. (slk/mtn)

 

 

GUBERNUR DIY SETUJUI KELEMBAGAAN 4 KABUPATEN

Berita - Biro Organisasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

YOGYAKARTA (14/09/2016) - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X telah menyetujui 4(empat) Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten se-DIY tentang organisasi perangkat daerah. Hal tersebut sesuai amanat pasal 3 Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah, dimana gubernur sebagai wakil pemerintah pusat memiliki kewenangan persetujuan atas raperda tentang perangkat daerah kabupaten/kota.

Raperda tersebut meliputi raperda Kabupaten Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo dan Sleman  telah dilakukan  pembahasan secara maraton oleh  tim  yang diselenggarakan Biro Organisasi Setda DIY.

Kepala Biro Organisasi Setda DIY Drs YB Jarot Budi Harjo mengatakan pembahasan 4 raperda Kabupaten termasuk raperda kota Yogyakarta yang belum diterimanya, seharusnya segera tuntas. Hali ini terkait penataan kelembagaan diharapkan segera rampung akhir tahun ini. (bws,mtn)

 

 

Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1057
mod_vvisit_counterKemarin1725
mod_vvisit_counterMinggu ini6116
mod_vvisit_counterMinggu kemarin2834
mod_vvisit_counterBulan ini18942
mod_vvisit_counterBulan kemarin9252
mod_vvisit_counterTotal Kunjungan565426

Tanya Jawab

Apakah anda suka informasi yang kami berikan?
 

Link Terkait

Kemenpan dan RB
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi



Kemendagri
Kementerian Dalam Negeri


LAN
Lembaga Administrasi Negara

BKN
Badan Kepegawaian Negara

Setneg
Sekretariat Negara


DPPKA DIY
Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan & Aset DIY


Bappeda DIY
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DIY

Biro Hukum Setda DIY

 

 

 

Bantuan Teknis

Online User

Online User