Pejabat
Kontak Kami
  • Komplek Kepatihan Danurejan Yogyakarta
  • Telp. 0274 562811
  • Email :
  • biro_organisasi@yahoo.com
  • orgdiy@yahoo.com
Login Petugas



Forum Terbuka

There seems to be an error with the player !

Biro Organisasi Setda DIY
Home
Biro Organisasi Setda DIY

Empat Karakter Seorang Satriya Abdi Negara di Daerah Istemewa Yogyakarta

Artikel - Artikel Umum

Salah satu kewenangan dalam urusan keistimewaan DIY menurut Undang-undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY adalah kewenangan kebudayaan. Di dalamnya disebutkan bahwa kewenangan kebudayaan diselenggarakan untuk memelihara dan mengembangkan hasil cipta, rasa, karsa dan karya manusia yang berupa nilai-nilai, pengetahuan, norma, adat-istiadat, benda, seni dan tradisi luhur  yang mengakar dalam masyarakat DIY.

Berkaitan dengan budaya kerja aparatur, jauh hari sebetulnya Pemerintah Daerah DIY telah mengeluarkan Peraturan Gubernur Nomr 72 Tahun 2008 tentang Budaya Pemerintahan di Daerah Istimewa Yogyakarta, berlaku tidak hanya untuk aparatur Pemda DIY tetapi juga aparatur Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di dalamnya. Dari Pergub dimaksud dikenal Budaya Pemerintahan Satriya.

Selanjutnya...

 

Mengenal Berbagai Kriteria Produk Ramah Lingkungan

Artikel - Artikel Umum

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif";}

Masih berkaitan dengan tulisan kemarin berjudul “Saatnya Kita Melaksanakan Pengadaan Barang/Jasa Secara Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan”, kali ini kita akan mendiskusikan beberapa kriteria produk yang ramah lingkungan. Tentu hal ini dimaksudkan agar dapat membantu kita dalam memilih produk di pasaran.

Pertama, untuk produk kertas dipersyaratkan beberapa kriteria antara lain: bubur kayu (pulp) diolah dari kayu legal yang ditunjukkan dengan SVLK (Sistem Verifikasi Legalitas Kayu), dapat didaur ulang, untuk pemutih hanya boleh menggunakan H2O2, penggunaaan air untuk setiap tonnya kurang dari 20m³, listrik yang digunakan per tonnya kurang dari 800 KWh, memiliki komitmen dengan regulasi pemerintah yang dituliskan dalam pernyataan dan telah diverifikasi oleh pihak yang berwenang, mendapatkan sertifikat ISO 14001 (sistem manajemen lingkungan), mendapatkan sertifikat ISO 9001 (sistem manajemen kualitas), dikemas tanpa mengunakan bahan PVC serta mencantumkan informasi produk pada kemasan.

Kedua, untuk produk perlengkapan teknologi infomasi antara lain: memenuhi kriteria Energy Star 5.2 dan/atau EPEAT kriteria (antara lain mencerminkan kandungan logam berat, kandungan mercury, cadmium; ketiga untuk penyedia jasa kontraktor dipersyaratkan mendapatkan sertifikan ISO 14001; keempat untuk produk dari bahan kayu dipersyaratkan memiliki SVLK (sistem verifikasi legalitas kayu)

 

Saatnya Kita Melaksanakan Pengadaan Barang dan Jasa Secara Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

Artikel - Artikel Umum

14.00

Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-bidi-font-family:Arial;}

Semua aktifitas kita dimanapun, di lingkungan keluarga, di masyarakat maupun ditempat kerja pasti membutuhkan keberadaan barang dan/atau jasa. Dan semua itu berbiaya lingkungan. Betapa tidak,mulai dari pakaian yang kita gunakan, peralatan, perlengkapan, bahan hapis pakai, ATK, material, jasa kebersihan, jasa pemeliharaan, jasa penggandaan, jasa cetak semuanya dihasilkan dengan memanfaatkan sumberdaya lingkungan dan tentu berdampak pula pada lingkungan.

Pada suatu kesempatan diskusi minggu lalu yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Konsultan Sustainable Consumption and Production, penulis jadi semakin memahami konsep pengadaan barang dan jasa pemerintah yang ramah lingkungan (Green Public Procurement) dan juga pengadaan barang dan jasa pemerintah yang berkelanjutan (Sustainable Public Procurement). Pengadaan yang ramah lingkungan mensyaratkan barang dan jasa yang akan digunakan dihasilkan dari bahan baku yang ramah lingkungan, diproses secara ramah lingkungan oleh penyedia, ketika digunakan hemat energi dan ketika dibuang atau dihapus dapat didaur ulang.

Selanjutnya...

 

Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini57
mod_vvisit_counterKemarin125
mod_vvisit_counterMinggu ini616
mod_vvisit_counterMinggu kemarin847
mod_vvisit_counterBulan ini2470
mod_vvisit_counterBulan kemarin3523
mod_vvisit_counterTotal Kunjungan103250

Tanya Jawab

Apakah anda suka informasi yang kami berikan?
 

Link Terkait

Kemenpan dan RB
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi



Kemendagri
Kementerian Dalam Negeri


LAN
Lembaga Administrasi Negara

BKN
Badan Kepegawaian Negara

Setneg
Sekretariat Negara


DPPKA DIY
Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan & Aset DIY


Bappeda DIY
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DIY

Biro Hukum Setda DIY

 

 

 

Bantuan Teknis

Online User

Online User