Pejabat
Kontak Kami
  • Komplek Kepatihan Danurejan Yogyakarta
  • Telp. 0274 562811
  • Email :
  • biro_organisasi@yahoo.com
  • orgdiy@yahoo.com
Login Petugas




Forum Terbuka

There seems to be an error with the player !

Biro Organisasi Setda DIY
Home
Biro Organisasi Setda DIY

MONEV KELEMBAGAAN KABUPATEN/KOTA

Berita - Biro Organisasi

YOGYAKARTA (03/10/2017) -  Bulan September kemaren Pemda DIY dalam  hal ini  Biro Organisasi Setda DIY telah menyelenggarakan jadwal maraton monev   kelembagaan OPD Kabupaten/Kota se-DIY.

Idealnya, berdasarkan ketentuan  PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah,  yang ditindaklanjuti dengan Pergub DIY Nomor 62 Tahun 2016 tentang Pedoman Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten/Kota, maka penyusunan struktur organisasi pada perangkat daerah harus sesuai kerangka regulasi serta kebutuhan obyektif dan kondisi lingkungan strategis daerah berdasarkan asas: urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah; intensitas urusan pemerintahan dan potensi daerah; efisiensi; efektivitas; pembagian habis tugas; rentang kendali; tata kerja yang jelas dan fleksibilitas.

Namun demikian dalam tataran implementasinya, penyelengaraan urusan pemerintahan pada Perangkat Daerah di Kabupaten/Kota ditengarai  masih ada kemungkinan kurang terlaksana secara optimal. Maka kegiatan monev  terhadap kelembagaan Kabupaten/Kota dirasa masih diperlukan  untuk mengetahui tingkat efektivitas penyelengaraan urusan pemerintahan pada Perangkat Daerah di Kabupaten/Kota sesuai dengan kerangka regulasi, kebutuhan obyektif dan kondisi strategis daerah.

Pada pengantaran  briefing  yang disampaiakan kepada tim monev,  Kepala Biro Organisasi Setda Drs YB Jarot Budi Harjo mengatakan bahwa   keluaran  yang diharapkan dari kegiatan ini adalah dokumen profil Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten/Kota se-DIY. Harapannya dokumen profil tersebut dapat digunakan sebagai bahan tindak lanjut oleh para pemangku kepentingan. (mtn,wbs).

 

 

 

FORKOMPANDA DIY DI KOTA YOGYAKARTA

Berita - Biro Organisasi

 

 

YOGYAKARTA (14/09/2017) – Bertempat di Obyek Wisata Komplek Taman Sari Yogyakarta, Selasa (12/09) diselenggarakan perhelatan Forum Komunikasi Pendayagunaan Aparatur Negara Daerah (FORKOMPANDA) DIY.   Forkompanda merupakan wadah dalam rangka sinergitas program dan kegiatan antara Pemda DIY dengan Kabupaten/Kota se DIY dalam Bidang Pendayagunaan Aparatur Negara Daerah. Forkompanda  kali ini dilaksanakan oleh Bagian Organisasi Setda Kota Yogyakarta.

Hadir pada acara tersebut  Kepala Bagian Kelembagaan Biro Organisasi Setda DIY Drs Noviar Rahmad, Msi serta Para Kepala Bagian Organisasi Kabupaten/ Kota se DIY dan jajarannya.

Materi yang menjadi diskusi antara lain tentang UPT Malioboro sebagai bagian dari Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kota Yogyakarta, tetapi juga sebagai pelaksana untuk pemeliharaan penataan kawasan Malioboro yang dananya berasal dari alokasi Dana Keistimeaan DIY. Nantinya akan dibentuk peraturan bersama untuk penataan kawasan Malioboro tersebut.

Forum juga membicarakan mengenai keberadaan UPT di Kabupaten/Kota yang kewenangan sepenuhnya berada di Kabupaten/Kota, diantaranya mengenai tindak lanjut peraturan yang mengatur keberadaan RSUD dan UPT pengelola PAUD/SD yang sangat diperlukan dalam mendukung pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan dan pendidikan.

Adapun Pemda DIY yang dalam hal ini Biro Organisasi Setda DIY akan menyiapkan bahan kepada rekomendasi Gubernur DIYsetelah mendalami naskah akedemik terhadap  eksisting UPT Kabupaten/Kota sesuai peraturan perundang-undangan yang ada. Namun demikian untuk keputusan dikembalikan kebijakan dari masing-masing Kabupaten/Kota. (wbs/mtn)

 

SEKBER CAGAR BUDAYA DIY

Berita - Biro Organisasi

 

 

 

 

 

 

YOGYAKARTA (06/09/2017) - Bertempat di Ruang Rapat Sekretaris Daerah DIY Kepatihan Yogyakarta, Selasa (05/09), Sekretaris Daerah DIY Ir Gatot Saptadi, memimpin secara langsung rapat koordinasi pembentukan kelembagaan Sekretariat Bersama Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta. Rakor diikuti pejabat dan sopd terkait di lingkungan Pemda DIY,  Pemda Kota Yogyakarta dan unsur TNI.

Rakor kali ini  difokuskan untuk membentuk lembaga sekretariat bersama  yang akan mengelola percepatan penataan dan pembangunan kawasan cagar budaya di DIY, meliputi kawasan Malioboro, kawasan Kraton Yogyakarta, kawasan Puro Pakualaman, kawasan Kota Baru dan kawasan Kotagedhe. Lembaga yang dibentuk merupakan lembaga non operasional, sehingga lebih  bersifat perencanaan, koordinatif, fasilitatif dan sinkronisasi dimana kegiatan operasional akan dilaksanakan oleh pokja-pokja yang beranggotakan unsur sopd teknis yang telah ada sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Dalam arahannya Sekda DIY Ir Gatot Saptadi menegaskan komitmen Pemda DIY bahwa, kelembagaan sekber cagar budaya dibentuk sedapat mungkin dapat menyelesaikan seluruh masalah yang belum ditangani oleh upt-upt yang sekarang telah ada sebagai upaya untuk mewujudkan  missi percepatan penataan dan pembangunan beberapa kawasan tersebut sebagai bentuk implementasi keistimewaan DIY. Adapun unsur sopd yang duduk dalam pokja masing-masing akan menangani permasalahan di bidang transportasi, trantibum, kebudayaan/pariwisata, perekonomian, sarpras dan tata ruang, sanitasi lingkungan dan kesehatan. (ern,mtn)

 

Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini76
mod_vvisit_counterKemarin283
mod_vvisit_counterMinggu ini76
mod_vvisit_counterMinggu kemarin5367
mod_vvisit_counterBulan ini13389
mod_vvisit_counterBulan kemarin15236
mod_vvisit_counterTotal Kunjungan777353

Tanya Jawab

Apakah anda suka informasi yang kami berikan?
 

Link Terkait

Kemenpan dan RB
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi



Kemendagri
Kementerian Dalam Negeri


LAN
Lembaga Administrasi Negara

BKN
Badan Kepegawaian Negara

Setneg
Sekretariat Negara


DPPKA DIY
Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan & Aset DIY


Bappeda DIY
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DIY

Biro Hukum Setda DIY

 

 

 

Bantuan Teknis

Online User

Online User