Pejabat
Kontak Kami
  • Komplek Kepatihan Danurejan Yogyakarta
  • Telp. 0274 562811
  • Email :
  • biro_organisasi@yahoo.com
  • orgdiy@yahoo.com
Login Petugas




Forum Terbuka

There seems to be an error with the player !

Biro Organisasi Setda DIY
Home
Biro Organisasi Setda DIY

Berpuasa Tanpa Mengurangi Produktivitas

Artikel - Artikel Umum

YOGYAKARTA (29/05/2017) Hari ini Senin 29 Mei 2017 adalah hari ketiga berpuasa bagi saudara-saudara kita umat Islam. Tentu lapar dan haus lumrah dirasakan di tengah-tengah kesibukan kita menjalankan kewajiban tugas sehari-hari selaku Aparatur Sipil Negara, sekaligus menjalankan kewajiban perintah agama. Tekad kita bersama semoga bulan Ramadhan menjadi sarana meningkatkan kecerdasan spiritual, integritas, toleransi dan solidaritas kita.

Sungguh sebuah anugerah yang luar biasa dari Allah Tuhan YME yang telah membuka hati para pendiri bangsa kita saat itu dalam meletakkan sendi-sendi kehidupan bernegara pada konstitusi. Sangat tegas dinyatakan dalam pasal 29 ayat (1) bahwa Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa. Adalah menjadi ketentuan konstitusi kita pasal 29 ayat (2) yang menjamin kemerdekaan warga negara untuk beragama dan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan.

Khusus di Bulan Ramadhan, wujud fasilitasi pemerintah terhadap kebebasan menjalankan ibadah antara lain pengaturan jam kerja selama Bulan Ramadhan dari 37,5 jam per minggu menjadi 32,5 jam per minggu bagi aparatur pemerintah. Maka Bulan Ramadhan mesti disikapi secara bijak. Bagaimana ibadah berjalan dengan baik, tugas-tugas juga tetap berjalan sesuai target yang direncanakan.

Permasalahan publik yang memerlukan intervensi pemerintah di segala lini, baik pelayanan barang/jasa maupun pelayanan administrative, tidak berarti menurun intensitasnya pada saat bulan Ramadhan. Sektor pangan, perdagangan, transportasi, perhubungan, kesehatan, ketenteraman dan ketertiban umum, serta keamanan bahkan mengalami peningkatan intensitas, apalagi menjelang dan sesudah hari Raya Idul Fitri.

Maka di bulan Ramadhan produktivitas kita tetap harus terjaga. Konsumsi lebih banyak makanan berserat, buah yang mengandung banyak cairan, perbanyak minum air putih; hindari minuman mengandung alcohol, kafein dan soda serta berolah raga secukupnya agar stamina tetap prima. Bukankah realisasi fisik maupun keuangan, sesuai Rencana Operasional Pelaksanan Kegiatan yang telah ditetapkan, termasuk di bulan Ramadhan ini harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya?

 

Pendampingan Revisi Pergub Jenis dan Kebutuhan Jabatan Fungsional

Berita - Biro Organisasi

YOGYAKARTA (26/4/2017) Pemetaan Jabatan Fungsional Tertentu merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kebijakan penataan Sumber Daya Manusia Aparatur yang perlu segera dilakukan menyusul ditetapkannya Peraturan Pemerintah No 26 tahun 2016 tentang Pengangkatan PNS dalam Jabatan Fungsional Melalui Penyesuaian/Inpassing.

Untuk mengakomodir kebutuhan terhadap jabatan fungsional, Biro Organisasi melakukan reviu Peraturan Gubernur DIY Nomor 114 Tahun 2015 Tentang Jenis dan Kebutuhan Jabatan Fungsional di Lingkungan Pemerintah Daerah DIY. Sebagai kelanjutan sosialisasi yang telah dilakukan pada bulan Maret, Biro Organisasi melakukan pendampingan revisi Peraturan Gubernur tentang Jenis dan Kebutuhan Jabatan Fungsional yang terbagi ke dalam 4 (empat) angkatan.

Cara penghitungan kebutuhan jenis jabatan fungsional beserta permasalahan dalam pengembangannya menjadi salah satu bahan diskusi pada pendampingan yang dilaksanakan pada tanggal 3,4,6 dan 10 April 2017. Selain itu juga disampaikan beberapa indikator meliputi hasil kerja, obyek kerja, perangkat kerja dan tugas jabatan yang merupakan instrumen dalam metode penghitungan beban kerja, sebagai dasar untuk memproyeksikan kebutuhan masing-masing jabatan fungsional di lingkungan Pemerintah Daerah DIY.

 

FORKOMPANDA DIY DI SLEMAN

Berita - Biro Organisasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

YOGYAKARTA (21/4/2017) FORKOMPANDA (Forum Komunikasi Pendayagunaan Aparatur Negara) DIY Putaran I Tahun 2017 dilaksanakan di Tebing Breksi Sambirejo Prambanan Sleman pada tanggal (19/4), bertindak sebagai penyelenggara adalah Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman. Acara kali ini dihadiri oleh Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Sleman selaku tuan rumah, Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Kulon Progo, Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Bantul dan dari Biro Organisasi Setda DIY dihadiri oleh Kepala Bagian Analisis Formasi Jabatan beserta jajarannya.

Materi yang menjadi bahan diskusi antara lain adalah inovasi pelayanan publik, akuntabilitas kerja, dan rencana penyesuaian nomenklatur kecamatan dan desa menjadi kapanewon/kemantren dan kalurahan sesuai dengan pemerintahan asli. Menanggapi hal tersebut direncanakan dalam waktu dekat ini Biro Organisasi Setda DIY akan mengadakan kegiatan penjaringan aspirasi dan masukan terkait dengan penataan kelembagaan Kecamatan menjadi Kapanewon di seluruh Kabupaten/Kota yang bekerja sama dengan masing-masing bagian organisasi setda kabupaten/kota.(wbs/mtn)


 

 

Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini960
mod_vvisit_counterKemarin469
mod_vvisit_counterMinggu ini3140
mod_vvisit_counterMinggu kemarin3270
mod_vvisit_counterBulan ini10103
mod_vvisit_counterBulan kemarin20691
mod_vvisit_counterTotal Kunjungan738175

Tanya Jawab

Apakah anda suka informasi yang kami berikan?
 

Link Terkait

Kemenpan dan RB
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi



Kemendagri
Kementerian Dalam Negeri


LAN
Lembaga Administrasi Negara

BKN
Badan Kepegawaian Negara

Setneg
Sekretariat Negara


DPPKA DIY
Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan & Aset DIY


Bappeda DIY
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DIY

Biro Hukum Setda DIY

 

 

 

Bantuan Teknis

Online User

Online User